Sukses

6 Cara Membuat Bibir Merah Alami dengan Buah-buahan, Efektif dan Mudah Dilakukan

Cara membuat bibir merah ini bahan-bahannya mudah didapatkan, proses perawatannya pun bisa dilakukan sendiri di rumah.

Liputan6.com, Jakarta Bibir merupakan salah satu anggota tubuh yang bisa mempercantik penampilan. Bagi para perempuan memiliki bibir merah merona menjadi impian. Pasalnya, warna bibir gelap terlihat kurang segar dan lembab sehingga banyak orang yang lebih suka warna bibir merah. Selain itu warna bibir merah juga menunjang penampilan terlihat lebih fresh dan lebih menarik.

Konon bibir dengan warna merah merona merupakaan dambaan setiap wanita, bahkan membuat orang rela melakukan berbagai cara membuat bibir merah. Hal itu yang membuat orang rela merogoh kocek dalam untuk perawatan bibir, bahkan teknologi terbaru menawarkan sulam bibir agar tampilan bibir selalu merah dan bentuknya juga indah.

Sekadar info, biasanya bibir yang menghitam dapat disebabkan oleh kebiasaan merokok, konsumsi kopi, atau penggunaan lipstik yang kurang sesuai. Menjilat bibir dan menggunakan lipstik terlalu sering juga bisa mengakibatkan bibir jadi menghitam.

Namun sebenarnya ada cara membuat bibir merah yang lebih aman dan alami. Bahkan bahan-bahannya mudah didapatkan, proses perawatannya pun bisa dilakukan sendiri di rumah. Berikut liputan6.com rangkum, 6 cara membuat bibir merah dengan menggunakan buah-buahan alami yang banyak dan mudah ditemui, Senin (25/2/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Buah-buahan untuk membuat bibir merah

1. Buah delima

Buah delima merupakan bahan alami yang sangat efektif untuk menghilangkan kusam pada bibir. Selain itu buah delima juga akan menutrisi bibir dan melembabkannya. Cara membuat bibir merah dengan buah delima sebagai berikut.

Cuci bersih 1 buah delima, kemudian hancurkan buah hingga halus dan campurkan dengan 1 sendok air mawar atau susu. Oleskan campuran ini pada permukaan bibir sembari digosok searah selama 5 menit. Bilas menggunakan air hangat setelahnya dan lakukan setiap hari sebelum tidur.

2. Strawberry

Strawberry merupakan pemerah bibir yang alami karena kandungan vitamin C. Tidak hanya vitamin C, strawberry juga terdapat antioksidan yang membuat warna strawberry merah terang. Cara membuat bibir merah adalah belah buah strawberry jadi dua lalu bagian. Lalu oles-oleskan pada bibir. Kemudian biarkan selama 15 menit dan bilaslah dengan air bersih.

3. Jeruk Nipis

Jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C yang dapat membantu mengangkat sel kulit yang mati, sehingga kulit bibir akan beregenerasi dengan baik. Kamu bisa memanfaatkan jeruk nipis sebagai cara memerahkan bibir secara alami.

Oleskan perasan jeruk nipis ke bibir selama 5 menit, kemudan diamkan selama 30 menit agar perasan jeruk nipis meresap sempurna ke kulit bibir. Lakukan secara rutin minimal dua kali sehari agar mendapatkan hasil yang maksimal. Cara ini akan membuat bibir kamu menjadi merah merona secara alami dengan hasil yang maksimal.

3 dari 3 halaman

Cara merawat bibir agar merah alami

4. Madu dan lemon

Sama seperti jeruk nipis, lemon juga dapat menghilangkan warna gelap pada bibir sehingga warna merah merona bibir akan nampak secara alami. Lemon sering digunakan untuk mengatasi bercak atau bintik gelap pada kulit. Khasiat pencerah dalam kandungan lemon bisa membantu mencerahkan warna bibir yang gelap.

Kandungan glukosa dan fruktosa dalam madu akan merangsang epidermis untuk membuat kolagen baru. Dengan begitu warna merah bibir dapat terpancing dan membuatnya nampak. Campur madu dengan gula lalu gosok-gosokkan pada bibir agar kulit mati terangkat.

Cara membuat bibir merah dengan madu dan lemon:

Peras setengah buah lemon ke dalam wadah bersih dan tuang 2-3 sendok teh madu. Aduk rata hingga menjadi pasta halus. Simpan di dalam kulkas selama beberapa jam. Oleskan campuran ini pada bibir kamu dan biarkan selama satu jam, kemudian bilas bersih. kamu bisa mengulangi metode ini 2-3 kali dalam satu minggu sampai memperoleh hasil yang diinginkan.

5. Alpukat

Antioksidan dan vitamin dalam alpukat baik untuk kesehatan kulit. Apalagi alpukat mengandung lebih dari 25 nutrisi yang penting bagi tubuh. Alpukat dikenal sebagai buah yang memiliki banyak khasiat. Tak hanya bagi kesehatan tubuh tapi juga kecantikan. Salah satu khasiat alpukat untuk kecantikan ialah guna perawatan bibir.

Alpukat sudah dikenal sejak lama mampu memerahkan bibir dengan cepat, sehingga banyak yang menggunakan scrub alpukat sebagai pemerah bibir alami. Cara memerahkan bibir dengan alpukat: Haluskan daging alpukat secukupnya, lalu oleskan pada bibir. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air bersih.

6. Mentimun

Buah yang sering dijadikan lalapan ini nggak hanya dapat memudarkan bekas luka. Jika kebetulan di rumahmu hanya ada mentimun, kamu bisa mencoba untuk menggunakan sebagai bahan alami untuk memerahkan bibir.

Timun sudah lama dijadikan bahan alami untuk mencerahkan dan menjaga kesehatan kulit. Timun juga bisa bekerja secara efektif untuk memerahkan bibir kamu secara alami. Caranya, haluskan campuran mentimun dengan jeruk nipis, lalu oleskan di sekitar bibir. Diamkan selama beberapa menit dan bersihkan dengan air dingin.

Tidak hanya itu kamu bisa menggunakan mentimun dengan mengoleskan potongan timun pada bibir kamu secara lembut sehingga bibir bisa menyerap jusnya. Lakukan setiap hari selama 5 menit untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini