Sukses

Cara Menghilangkan Komedo Hitam di Hidung Secara Alami

Cara menghilangkan komedo hitam bisa dilakukan dengan bahan-bahan alami.

Liputan6.com, Jakarta Apa sih masalah pada wajah yang sering kamu hadapi? Setiap orang mungkin memiliki masalah pada wajah berbeda-beda. Ada yang memiliki masalah pada jerawat atau bekas jerawat yang tak kunjung hilang bahkan masalah kulit beminyak ataupun kering dan kusam.

Namun yang sering menjadi masalah bagi kebanyakan orang ialah komedo. Memiliki komedo sendiri pasti bisa membuat kamu gemas untuk menghilangkannya dan juga bisa membuat percaya dirimu hilang.

Selain itu jika memiliki komedo berlebihan, pada kamu menggunakan makeup, maka komedo tersebut bisa jadi masih terlihat.

Komedo sendiri termasuk dalam jenis jerawat, akan tetapi masih tergolong jerawat ringan. Selain itu, komedo bukan hanya muncul pada wajah saja. Komedo juga bisa berada di leher, punggung, bahu, dada dan juga lengan.

Kenapa ada komedo? Komedo sendiri terbentuk karena adanya sel kulit mati yang berkumpul dengan minyak di ujung luar folikel rambut. Komedo hitam sendiri ada karena bagian kulit diatas komedo terbuka dan terpapar udara. Biasanya komedo hitam terlihat seperti pori-pori yang membesar dan juga menghitam.

Tentu saja kamu punya cara menghilangkan komedo hitam sendiri. Bisa jadi kamu pergi melakukan facial sebagai cara menghilangkan komedo. Namun apakah efektif?

Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Sabtu (23/2/2019) ternyata cara menghilangkan komedo hitam bisa kamu lakukan dengan cara yang alami.

Bahkan kamu tak perlu menggunakan obat-obat perawatan yang bisa jadi akan memiliki efek samping. Tentu saja jika ternyata ada efek sampingnya, tapi terus kamu gunakan, bisa jadi justru menimbulkan masalah baru pada wajah kamu. Beberapa cara menghilangkan komedo hitam di bawah ini mungkin bisa membantu kamu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Pepaya

Cara menghilangkan komedo hitam yang pertama ialah menggunakan buah pepaya. Pepaya yang memiliki enzim papain ini mampu untuk meregenarasi kulit. Vitamin yang terkandung dalam buah pepaya sendiri terdiri atas vitamin A, vitamin C dan juga Vitamin E. Ketiga vitamin ini pun sebagai anti-oksidan yang bisa membantu menutrisi serta melembabkan kulit.

Pepaya juga dipercaya bisa menghilangkan sel kulit mati. Selain itu buah pepaya juga bisa untuk membersihkan kotoran di wajah dan tentu saja untuk membersihkan komedo. Buah pepaya juga bisa kamu jadikan sunscreen alami karena kandungan nutrisi yang dimiliki.

Cara menghilangkan komedo hitam dengan pepaya kamu hanya perlu memotong buah ini dalam ukuran kecil kemudian haluskan. Setelah halus kamu bisa gunakan sebagai bahan masker.

Cukup oleskan pepaya yang telah kamu haluskan di seluruh wajah, kemudian biarkan selama kurang lebih 30 menit. Setelah itu bilas hingga bersih dengan air dingin. Menggunakan masker pepaya ini berfungsi untuk mengecilkan pori-pori pada wajah.

3 dari 5 halaman

2. Kulit Jeruk

Cara menghilangkan komedo hitan selanjutnya kamu bisa menggunakan kulit jeruk. Ternyata selain buahnya yang bermanfaat, kulit jeruk juga memiliki banyak kandungan vitamin C juga. Jadi saat kamu sedang memakan buah jeruk, jangan langsung dibuang ya kulitnya.

Karena kulit jeruk ini bisa kamu gunakan sebagai masker wajah untuk mengecilkan pori-pori. Adanya kandungan anti-oksidan pada kulit jeruk ini juga bisa membantu untuk memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Cara menghilangkan komedo hitam dengan kulit jeruk ialah pertama jemur kulit jeruk hingga benar-benar kering. Selanjutnya tumbuk kulit jeruk hingga halus dan campurkan dengan air hingga membentuk adonan.

Setelah itu oleskan pada area yang berkomedo dan diamkan selama kurang lebih 30 menit. Kemudian bilas menggunakan air hangat.

4 dari 5 halaman

3. Putih telur

Bukan rahasia lagi jika putih telur bisa digunakan sebagai bahan perawatan wajah. Putih telur sendiri bisa sebagai cara untuk mengecilkan pori-pori pada wajah, sehingga kotoran tidak menumpuk.

Selain itu mampu untuk mencegah timbulnya komedo karena kaya akan protein dan juga mikronutrien. Cara menghilangkan komedo menggunakan putih telur ialah dengan membuatnya sebagai masker wajah.

5 dari 5 halaman

4. Scrub kopi dan gula

Ternyata campuran kopi dan gula bukan hanya untuk minuman. Selain menjadi pasangan pas untuk minuman, kedua bahan ini juga bisa dijadikan sebagai scrub. Rupanya scrub kopi dan gula ini ampuh untuk mengangkat kulit mati.

Jadi tentu saja bisa membuat kulit kamu menjadi lebih halus dan bebas komedo. Cara membuat scrub dari kopi dan juga gula pun sangat mudah. Buat pasta dari 2 sendok makan bubuk kopi dengan menambahkan sedikit air.

Kemudian tambahkan gula pasir sebanyak satu sendok makan dan aduk hingga tercampur rata. Gula pasir ini lah yang nantinya berfungsi sebagai scrub. Sebelum menggunakannya sebagai scrub pada wajah, jangan lupa untuk membersihkan wajah kamu terlebih dahulu.

Lalu oleskan scrub kopi dan gula pada wajah secara merata. Pijat dan juga gosokan pada wajah selama 1 menit agar sel kulit mati benar-benar terangkat. Lalu bilas menggunakan air hingga bersih.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini