4 Cara Mencerahkan Wajah dengan Madu, Murah dan Mudah Dipraktikkan

Oleh Loudia Mahartika pada 24 Feb 2019, 13:03 WIB
Diperbarui 24 Feb 2019, 13:03 WIB
Cara Mencerahkan Wajah dengan Madu
Perbesar
Cara Mencerahkan Wajah dengan Madu (Sumber: Pixabay)

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tidak menginginkan memiliki kulit wajah yang bersih dan berseri? Semua orang pasti menginginkannya terutama bagi para wanita. Memiliki kulit wajah yang cerah dan bersih terkadang mampu menaikkan rasa percaya diri pada seseorang. Namun untuk mendapatkan wajah yang cerah, putih dan bersih tentu saja membutuhkan suatu usaha.

Salah satu cara mencerahkan wajah yang alami dan mudah didapatkan adalah kamu bisa memanfaatkan produk alami yaitu madu. Madu memang telah dikenal banyak orang memiliki berbagai manfaat yang luar biasa untuk kesehatan dan kecantikan sejak dahulu. Banyak produk kesehatan dan kecantikan yang memiliki bahan dasar dari madu.

Madu merupakan bahan alami yang dapat mencerahkan wajah secara murah, mudah dan cepat. Madu sendiri adalah sebuah cairan yang sekilas menyerupai sirup namun lebih kental dan memiliki rasa yang manis. Tentu saja, madu berasa dari lebah. Madu dihasilkan dari nectar oleh lebah. Rasa mansi yang terkandung dalam madu berasal dari unsur monosakarida fruktosa yang memang merupakan perasa manis pada gula.

Semua madu yang dihasilkan oleh lebah juga yak memiliki kandungan yang sama karena semua bergantung pada bunga yang tersedia untuk lebah hasilkan nektar. Berasal dari alam, madu tentu saja sangat kecil memiliki efek samping pada kulit manusia.

Itu alasannya mengapa madu sangat bermanfaat bagi manusia, salah satunya untuk mencerahkan wajah. Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Minggu (24/2/2019) cara mencerahkan wajah dengan madu cukup mudah untuk bisa kamu lakukan sendiri. Selain menggunakan madu murni, kamu juga bisa mencampurnya dengan bahan alami lainnya agar lebih maksimal.

2 dari 5 halaman

Cara Mencerahkan Wajah dengan Madu Tanpa Campuran

Cara Mencerahkan Wajah Kusam dengan madu
Perbesar
Cara Mencerahkan Wajah Kusam dengan madu (sumber: istockphoto)

Madu mengandung vitamin C tinggi dan zat antioksidan lainnya yang sangat baik untuk merawat kulit wajah. Cara mencerahkan wajah dengan madu tanpa campuran apapun sangat mudah dilakukan. Langkah-langkahnya sebagai berikut.

1. Basahi wajah dengan air hangat terlebih dahulu

2. Tuang madu kedalam satu sendok makan dan oleskan madu secara merata pada permukaan kulit wajah.

3. Pijat ringan area wajah selama 2 hingga 3 menit

4. Bilas dengan air hangat sampai benar-benar bersih

5. Selesai.

Kamu bisa lakukan cara diatas secara rutin sebanyak 2 hingga 3 kali dalam seminggu agar mendapatkan wajah yang tampak cerah secara alami.

3 dari 5 halaman

Cara Mencerahkan Wajah dengan Madu dan Jeruk Nipis

Cara Mencerahkan Wajah dengan madu
Perbesar
Ilustrasi Foto Madu (iStockphoto)

Perpaduan madu dan jeruk nipis yang kaya akan vitamin C dan vitamin B terbukti untuk mencerahkan kulit wajah. Selain memberikan efek cerah pada wajah, madu dan jeruk nipis mampu merapatkan pori-pori dan mengencangkan kulit. Cara mencerahkan wajah dengan madu dan jeruk nipis sebagai berikut.

1. Campurkan perasan air jeruk nipis dengan madu dalam satu sendok makan

2. Aduk hingga rata

3. Oleskan capuran tersebut pada wajah yang sudah bersih secara merata

4. Diamkan selama 30 menit

5. Bilas wajahmu dengan air dingin hingga bersih

6. Selesai.

Kamu bisa lakukan cara ini setiap hari agar mendapatkan hasil yang maksimal.

4 dari 5 halaman

Cara Mencerahkan Wajah dengan Madu dan Tomat

Liputan 6 default 5
Perbesar
Ilustraasi foto Liputan 6

Campuran antar madu dan tomat diyakini mampu mencerahkan wajah. Tak hanya mencerahkan wajah, madu dan tomat jug amampu mencegah [enuaan dini dan memutihkan wajah. Cara mencerahkan wajah dengan madu tomat dapat kamu lakukan sebagai berikut.

1. Campur air dari tomat dengan satu sendok teh madu

2. Kemudian oles pada seluruh wajah secara merata yang sudah bersih

3. Tunggu sekitar 15 menit

4. Basuk wajah dengan air bersih

5. Selesai.

Lakukan perawatan ini secara teratur untuk hasil yang optimal.

5 dari 5 halaman

Cara Mencerahkan Wajah dengan Madu, Susu dan Mentimun

Lip 6 default image
Perbesar
Gambar ilustrasi

Selain madu yang mampu merawat kulit dengan baik, susu juga ternyata juga menjadi bahan yang ampuh untuk mencerahkan kulit. Susu baik untuk membersihkan sel kulit mati penyebab wajah kusam. Mentimun sendiri mampu meremajakan kulit dan mengecilkan pori-pori besar. Cara mencerahkan wajah dengan madu, susu dan mentimun ini cukup mudah.

1. Siapkan madu, susu dan mentiumn yang sudah diparut dengan takaran sendok makan.

2. Susu yang telah didinginkan terlebih dahulu tersebut dicampur dengan madu dan parutan mentimun

3. Oles pada wajah secara menyeluruh dan diamkan selama 10 menit

4. Setelah itu bilas dengan air hangat

5. Selesai.

Cara ini bisa kamu ulangi sebanyak dua kali dalam seminggu untuk mendapatkan wajah yang cerah dan segar.

Ada banyak cara yang mudah dan alami untuk bisa mencerahkan wajah secara sehat tanpa efek samping. Semoga artikel diatas dapat membantumu mencari solusi untuk permasalahan kulit kusam.

Bahan dasar alami seperti madu memang telah terbukti sebagai bahan dasar kesehatan wajah maupun kesehatan tubuh lainnya. Jika kamu secara rutin mengoleskan madu pada wajah maka kulit wajahmu bisa menjadi sehat dan cerah.

Lanjutkan Membaca ↓