Sukses

Panduan Merencanakan Pernikahan Impian, dari Alokasi Dana sampai Pilih Vendor

Apakah Anda ingin perayaan mewah atau pesta pernikahan intim? Rencanakan hari bahagia Anda dengan mengatur dana dan pilih vendor paling tepat.

Liputan6.com, Jakarta - Setiap pasangan tentu berkeinginan melaksanakan pernikahan impian mereka. Tak heran kalau kedua mempelai akan menginvestasikan waktu, energi, dan dana untuk mewujudkan pernikahan yang dimaksudkan terjadi sekali seumur hidup.

Karenanya, Bridestory lewat Laporan Industri Pernikahan 2018 hendak membantu Anda dalam merancang hari bahagia, mulai dari penyiapkan pendanaan, sampai memilih vendor paling tepat untuk menghelat acara sakral tersebut.

Berdasarkan data dari 5 ribu pengguna Bridestory di Jabodetabek, Bali, Bandung, Surabaya, dan Medan lewat siaran pers yang diterima Liputan6.com, baru-baru ini, pasangan cenderung menemukan sumber vendor dari rekomendasi keluarga dan teman, acara pameran pernikahan, diikuti dari Bridestory, juga media sosial.

Berbicara tentang ukuran pesta, sebagian besar dari pasangan mengundang 100-500 tamu di hari pernikahan mereka, diikuti dengan 500-1.000 tamu. Beberapa pasangan bahkan memilih untuk mengadakan acara intim dengan hanya 50-100 tamu.

Dana yang dikategorikan terjangkau adalah sekitar Rp 325 ribu per tamu, sedangkan dana Rp 5 juta per orang dianggap sebagai pernikahan mewah. Pengeluaran yang dianggap layak dan jadi pilihan rata-rata pasangan adalah Rp 650 ribu per tamu.

Pendanaan pernikahan secara umum merekomendasikan 40 persen dari dana Anda baiknya dialokasikan untuk tempat dan katering, sedangkan prioritas kedua diinvestasikan untuk dekorasi dan busana pernikahan.

Umumnya, pasangan membutuhkan lebih dari 12 bulan untuk merencanakan pernikahan. Vendor pertama dihubungi adalah penyedia tempat, serta tim penata rias dan rambut yang telah dipersiapkan satu tahun sebelum acara.

Mulai dari 11 bulan hingga hari H, pasangan sudah mulai berkomunikasi dengan perencana pernikahan. Vendor yang dikontak terakhir adalah penyedia undangan, suvenir, dan cincin pernikahan, di mana biasanya dipersiapkan dalam 3-6 bulan.

Berdasarkan dana di atas, Anda bisa mulai mempersiapkan perikahan intim atau perayaan mewah. Atur alokasi pendanaan pernikahan seperti apa yang Anda inginkan sesuai keinginan kedua belah pihak. (Indah Permata Niska)

 

Saksikan video pilihan di bawah ini :

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.