Panduan Merencanakan Pernikahan Impian, dari Alokasi Dana sampai Pilih Vendor

Oleh Asnida Riani pada 26 Feb 2019, 13:15 WIB
Diperbarui 27 Feb 2019, 08:13 WIB
Ilustrasi Menikah

Liputan6.com, Jakarta - Setiap pasangan tentu berkeinginan melaksanakan pernikahan impian mereka. Tak heran kalau kedua mempelai akan menginvestasikan waktu, energi, dan dana untuk mewujudkan pernikahan yang dimaksudkan terjadi sekali seumur hidup.

Karenanya, Bridestory lewat Laporan Industri Pernikahan 2018 hendak membantu Anda dalam merancang hari bahagia, mulai dari penyiapkan pendanaan, sampai memilih vendor paling tepat untuk menghelat acara sakral tersebut.

Berdasarkan data dari 5 ribu pengguna Bridestory di Jabodetabek, Bali, Bandung, Surabaya, dan Medan lewat siaran pers yang diterima Liputan6.combaru-baru ini, pasangan cenderung menemukan sumber vendor dari rekomendasi keluarga dan teman, acara pameran pernikahan, diikuti dari Bridestory, juga media sosial.

Berbicara tentang ukuran pesta, sebagian besar dari pasangan mengundang 100-500 tamu di hari pernikahan mereka, diikuti dengan 500-1.000 tamu. Beberapa pasangan bahkan memilih untuk mengadakan acara intim dengan hanya 50-100 tamu.

Dana yang dikategorikan terjangkau adalah sekitar Rp 325 ribu per tamu, sedangkan dana Rp 5 juta per orang dianggap sebagai pernikahan mewah. Pengeluaran yang dianggap layak dan jadi pilihan rata-rata pasangan adalah Rp 650 ribu per tamu.

Pendanaan pernikahan secara umum merekomendasikan 40 persen dari dana Anda baiknya dialokasikan untuk tempat dan katering, sedangkan prioritas kedua diinvestasikan untuk dekorasi dan busana pernikahan.

Umumnya, pasangan membutuhkan lebih dari 12 bulan untuk merencanakan pernikahan. Vendor pertama dihubungi adalah penyedia tempat, serta tim penata rias dan rambut yang telah dipersiapkan satu tahun sebelum acara.

Mulai dari 11 bulan hingga hari H, pasangan sudah mulai berkomunikasi dengan perencana pernikahan. Vendor yang dikontak terakhir adalah penyedia undangan, suvenir, dan cincin pernikahan, di mana biasanya dipersiapkan dalam 3-6 bulan.

Berdasarkan dana di atas, Anda bisa mulai mempersiapkan perikahan intim atau perayaan mewah. Atur alokasi pendanaan pernikahan seperti apa yang Anda inginkan sesuai keinginan kedua belah pihak. (Indah Permata Niska)

 

Saksikan video pilihan di bawah ini :

Video Pilihan Hari Ini

Bermata Juling, Kucing Ini Justru Bikin Warganet Gemas