Sukses

5 Manfaat Kentang untuk Wajah, Bisa Mencerahkan Kulit

Tak cuma untuk dimasak, kentang juga memiliki manfaat untuk kecantikan.

Liputan6.com, Jakarta Kentang dikenal sebagai salah satu sumber karbohidrat alami. Selain lezat dikonsumsi, kentang juga memiliki sejuta manfaat bagi kesehatan tubuh. Kentang kaya akan nutrisi seperti vitamin A, B-kompleks,C, hingga asam folat.

Dalam kentang juga ada zat solanin yang dikenal sebagai obat penenang, anti kejang, anti jamur, dan pestisidal. Sedangkan bila dimakan bersama kulitnya, dapat memberikan tambahan serat bagi tubuh.

Selain dikonsumsi untuk kesehatan tubuh, kentang juga dipercaya memiliki manfaat baik bagi kulit wajah. Kandungan antioksidan pada kentang mampu mencegah penuaan dini, mencerahkan dan menyamarkan noda hitam di wajah.

Berikut 5 manfaat kentang untuk kulit wajah dilansir Liputan6.com dari Beautymunsta, Rabu(20/2/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Bantu Hilangkan Mata Panda

Seperti irisan timun yang biasa digunakan pada area mata, manfaat kentang juga dapat mengurangi bengkak dan kantung mata di bawah mata Anda.

Kentang telah terbukti sangat efektif dalam menghilangkan lingkaran hitam di sekitar mata karena sifatnya yang mampu mencerahkan secara alami.

Caranya, ambil kentang mentah, kupas dan potong menjadi potongan besar. Setalah itu, bungkus dengan kain atau sapu tangan dan letakkan di mata Anda selama sekitar 15 hingga 20 menit, lalu bersihkan dengan air hangat. Penggunaan teratur akan memudarkan lingkaran hitam dalam waktu singkat.

Anda juga bisa mengoleskan jus kentang pada lingkaran hitam di mata Anda menggunakan cotton bud atau langsung dengan tangan Anda.

3 dari 6 halaman

Bantu Hilangkan Keriput

Manfaat kentang sangat berguna untuk menghilangkan tanda-tanda penuaan dini seperti keriput. Hal ini karena kentang kaya akan kandukngan Antioksidan.

Antioksidan yang ada dalam kentang dapat melawan radikal bebas dari tubuh dan menstabilkannya. Dengan demikian kandungan pada kentang dapat mencegah kerusakan oksidatif pada sel-sel kulit. Proses ini dapat mengurangi tanda-tanda penuaan dini seperti garis-garis halus, kerutan, bintik-bintik penuaan, bintik-bintik hitam dan lainnya.

Tidak hanya mengonsumsinya, mengaplikasikan kentang di kulit juga terbukti efektif dalam menghilangkan keriput.

Caranya, haluskan kentang dan oleskan di wajah Anda. Berikan pijatan lembut ke wajah Anda. Biarkan mengering selama lima menit, lalu bilas dengan air bersih.

Penggunaan teratur tidak hanya akan meminimalkan munculnya keriput tetapi juga akan memberi nutrisi pada kulit Anda karena nutrisi yang terkandung di dalamnya.

4 dari 6 halaman

Baik untuk Kulit Kering

Penggunaan kentang sangat bermanfaat bagi Anda dengan kulit kering. Manfaat kentang memiliki kemampuan membuat kulit lembut dan kenyal, yang dapat membantu melawan kulit kering.

Parut beberapa kentang dan tambahkan setengah sendok teh ke dalamnya hingga membentuk masker. Kemudian, oleskan masker pada wajah Anda, dan diamkan selama 20 menit, lalu basuh dengan air.

Masker wajah ini akan memberikan nutrisi dan melembabkan kulit untuk merawat kulit kering. Kentang juga dapat dijadikan sebagai penyegar alami dengan menggunakannya sebagai toner. Caranya adalah dengan mencampurkan kentang menggunakan sekitar 2 sdm air, lalu peras untuk mendapatkan ekstrak dari air kentang.

Oleskan ke seluruh wajah Anda dengan kapas dan simpan toner dalam wadah bersih. Anda juga bisa menggunakannya dalam botol semprot. Biarkan selama 3 menit. Bilas wajah Anda setelah itu gunakan pelembab.

5 dari 6 halaman

Angkat Sel Kulit Mati dan Jerawat

Kentang adalah salah satu bahan pengelupasan kulit alami yang ampuh menghilangkan sel-sel kulit mati. Sel kulit mati ini dapat menyembunyikan rona dalam kulit dan membuatnya terlihat kusam. Kentang adalah pembersih kulit alami yang membantu menghilangkan kotoran dari kulit wajah.

Parut beberapa kentang yang telah dikupas dan oleskan di wajah Anda lalu biarkan selama sepuluh menit hingga mengering. Setelah mengering, bilas dengan air bersih.

Penggunaan yang teratur tidak hanya akan menghilangkan kotoran dari kulit tetapi juga akan membuat kulit terasa lembut, kenyal, bercahaya dan segar.

Sensasi dingin pada kentang juga dapat membantu meredakan jerawat yang sedang meradang. Kentang juga dapat mengontrol produksi minyak pada wajah dengan menyeimbangkan sekresi sebum yang menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.

6 dari 6 halaman

Pencerah Kulit

Mungkin manfaat kentang untuk wajah yang paling terkenal adalah mencerahkan kulit. Kentang mengandung enzim katekolase yang membantu meringankan bintik-bintik gelap, bekas jerawat dan noda kusam di wajah.

Kandungan ini juga yang sering digunakan sebagai 'pemutih kulit' alami. Jadi, jika Anda ingin mencerahkan warna kulit Anda, cobalah mengoleskan kentang mentah pada wajah Anda.

Mengonsumsi kentang secara teratur dan juga mengoleskannya di kulit sangat efektif dalam pemulihan pada kulit yang terbakar sinar matahari.

Antioksidan pada kentang ini melindungi sel-sel kulit tidak hanya dari kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas, tetapi juga dari sinar UV matahari yang berbahaya. Dengan begitu kentang juga dapat mengurangi risiko kanker kulit.

Untuk mengatasi sengatan matahari pada kulit, ambil beberapa irisan kentang dingin dan letakkan di wajah yang terkena sengatan matahari. Penggunaan teratur akan memberikan sensasi dingin pada area yang terkena sengatan matahari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini