Sukses

Tutup Usia, Karl Lagerfeld Pimpin Rumah Mode Chanel Sejak 1983

Karl Lagerfeld yang baru saja meninggal dunia, menjadi direktur kreatif di rumah mode Chanel sejak 1983 sampai akhir hayatnya.

Liputan6.com, Jakarta - Desainer legendaris Karl Lagerfeld meninggal dunia di usia 85 tahun hari ini, Selasa (19/2/2019) di Paris Hospital, Prancis. Pria kelahiran Hamburg, Jerman ini dikenal sebagai Direktur Kreatif rumah mode Coco Chanel.

Ia juga menyandang jabatan serupa di rumah mode Fendi dan rumah mode miliknya sendiri. Dilansir dari BBC, Selasa (19/2/2019) ia dikabarkan mengalami penurunan kesehatan sejak dua minggu sebelum tutup usia.

Namun belum ada penjelasan resmi apa penyebab ia meninggal dunia. Karl absen dari acara Chanel's Haute Couture Paris Show pada 22 Januari 2019. Namun kala itu, juru bicara Chanel mengatakan Karl hanya kelelahan.

Dalam pernyataan saat Karl absen di show kedua juga sama. Alasannya yaitu kelelahan. Absennya Karl memang menjadi pertanyaan besar karena ia hampir tidak pernah absen menghadiri show yang menampilkan karyanya.

Karl sendiri telah memimpin rumah mode ikonik tersebut, yang didirikan oleh Coco Chanel, selama lebih dari tiga dekade, tepatnya sejak 1983.

Ia memproduksi sebanyak delapan koleksi per tahun, dan selalu menjadi kesayangan para editor, penggemar, dan kolektor mode. Tak hanya sebagai desainer, ia juga dikenal sebagai aktor, pengisi suara film, fotografer dan karikaturis.

Penampilannya pun sangat khas dan ikonik, yaitu memakai kacamata hitam, rambut putih, sarung tangan dan kerah tinggi warna putih. Belum ada kabar resmi kapan dan di mana Karl Lagerfeld akan dimakamkan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.