Sukses

Sudahkah Anda Paham Makna Logo Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia?

Logo Wonderful Indonesia terkena getahnya saat dipasang pada spanduk yang salah memasang gambar Raja Ampat. Kemenpar menyebut insiden itu sering terjadi.

Liputan6.com, Jakarta - Insiden salah memasang foto Raja Ampat dengan menempatkan Phi Phi Island di area Bandara Soekarno Hatta mencuri perhatian. Bukan hanya salah gambar, tetapi pemasangan logo Wonderful Indonesia membuat Kementerian Pariwisata jadi sasaran kritikan warga.

Setelah diinvestigasi, kesalahan itu ternyata bukan disengaja. Menurut Kepala Pusat Komunikasi Publik Kemenpar, Guntur Sakti, hal itu terjadi karena vendor yang sedang memperbaiki lift di Bandara Soetta ingin membuat area tersebut terlihat lebih rapi.

Mereka lalu berinisiatif memilih gambar, menempelkan logo Wonderful Indonesia, hingga mencetaknya dalam spanduk hingga seolah-olah gambar itu adalah materi promosi pariwisata Indonesia. Padahal, baik Kemenpar maupun Angkasa Pura II selaku pengelola bandara, tak pernah dimintai persetujuan.

Selain insiden itu, Guntur mengaku banyak pihak yang salah dalam mencantumkan logo. Misalnya, kasus pemasangan logo Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia yang terpasang di banyak bus pariwisata di Indonesia, ternyata logo lama. Selain itu, kegiatan pariwisata di daerah juga seringkali salah memasang logo pada backdrop.

"Bak belakang truk yang kata-katanya lucu-lucu itu juga banyak yang membuat gambar Wonderful Indonesia, dan tidak standar. Warung-warung, kaus, topi, banyak, kalau mau mencari kesalahan," katanya dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Selasa (19/2/2019).

Padahal, ia mengaku Kemenpar sudah menyosialisasikan informasi tersebut. Menurutnya, pihaknya bahkan membentuk tim Brand Guardian yang bertugas menjaga, melaporkan, dan mengoreksi jika ada unsur penting dalam branding Wonderful Indonesia terganggu.

"Kita menjaga itu, agar country branding kita terus naik. Sekarang peringkat 47, menuju 30 besar dunia," kata dia.  

Ia berharap semua pihak bersama-sama menaikkankan kesadaran logo Wonderful Indonesia kita yang sudah menjadi Country Branding Indonesia di mana saja di seluruh dunia, dalam TTI, Tourism, Trade, Investment. Ia juga tidak melarang masyarakat yang ingin memasang logo tersebut secara sukarela.

"Makin banyak masyarakat yang cinta pariwisata, dengan sukarela menggunakan logo-logo pariwisata, itu makin bagus," kata Guntur.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Makna Logo Wonderful Indonesia

Dalam Kemenpar: Wonderful Indonesia Brand Guidelines diterangkan, makna Wonderful atau Pesona Indonesia adalah janji pariwisata Indonesia kepada dunia.

Kata 'Wonderful' atau 'Pesona' mengandung janji bahwa Indonesia kaya dengan ketakjuban, dari segala manusia maupun alamnya, yang mengusik kalbu dan menjanjikan pengalaman baru yang menyenangkan. Indonesia percaya bahwa dunia akan menjadi tempat yang lebih baik ketika semua orang berkesempatanmenikmati “World of Wonderful”.

Burung menjadi identitas dari logo tersebut. Alasannya, burung yang suka berkelompok melambangkan hidup damai antarsesama di alam sentosa. Burung juga satwa dengan populasi terbesar di Indonesia dan menjadi lambang bangsa.

Sementara, rentangan sayap berarti keterbukaan, hasrat untuk terbang jauh, melintas batas. Sifatnya semesta, dikenali oleh semua. Sedangkan, tulisan 'Indonesia' berwarna hitam yang lebih besar daripada 'Wonderful' atau 'Pesona' menandakan, mengedepankan dan memperkuat Indonesia di antara persaingan pariwisata internasional.

"Kita surprise, banyak masyarakat kita yang saking cintanya pada pariwisata Indonesia, mereka membuat logo-logo sendiri, mendesain sendiri, dan memasang sendiri. Yang perlu kita ingatkan adalah hati-hati dengan hak cipta," kata Guntur.

Tak hanya kata dan bentuk, warna pada logo Wonderful Indonesia juga memiliki makna yang dalam. Hijau misalnya, bermakna kreativitas, ramah kepada alam, dan Keselarasan.

Selanjutnya, ungu melambangkan daya imajinasi, keimanan, kesatuan lahir dan batin. Jingga bermakna inovasi, semangat pembaruan, dan keterbukaan. Keempat, warna biru yang melambangkan kesemestaan, kedamaian, dan keteguhan. Terakhir, magenta yang bermakna keseimbangan, akal sehat, dan sifat praktis.

"Ada brand position, posisi di kanan atas, kiri atas, bawah kanan, dan lainnya. Ada yang horizontal, vertikal, cropping, background hitam, background putih, dan lainnya. Silakan cek di http://www.kemenpar.go.id/userfiles/Kemenpar%20-%20Wonderful%20Indonesia%20Brand%20Guidelines(1).pdf biar kalian tahu," kata Guntur. 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.