Kaya Rasa Sushi Italia Kreasi Chef Gianfranco Pirrone di Rosso

Oleh Novi Nadya pada 19 Feb 2019, 09:00 WIB
Diperbarui 19 Feb 2019, 09:00 WIB
Sushi Italia
Perbesar
Sushi Italia Marzuko Roll (Dok.Shangri-La Hotel Jakarta)

Liputan6.com, Jakarta - Jepang dikenal selalu sukses menggabungkan cita rasa khasnya dengan berbagai jenis masakan di dunia. Bahkan, mereka memiliki pastanya sendiri. Lantas, bagaimana jika koki Italia bereksperimen dengan sushi, salah satu menu terpopuler di dunia?

Chef Gianfranco Pirrone dari restoran Italia Rosso di Shangri-La Hotel Jakarta baru-baru ini menyuguhkan kreasi sushi. Ia menyatukan cita rasa Jepang dan kreasi yang dibawa dari berbagai penjuru Italia.

Baik Italia dan Jepang memiliki kesamaan masakan, yakni berbasis beras. Namun, Chef Franco mengganti nasi sushi yang lembut dengan risotto yang kenyal dan bertekstur dalam empat kreasi sushi fusion-nya.

Satu lagi, selain nasi, kuliner Jepang dan Italia memiliki kesamaan dengan penggunaan bahan laut segar. Misalnya, Carpaccio yang terbuat dari ikan atau daging mentah serta crudo yaitu daging ham yang diiris tipis dan disajikan secara mentah.

Parma Roll
Perbesar
Sushi Italia Marzuko Roll (Dok.Shangri-La Hotel Jakarta)

Bahan-bahan itu pula yang digunakan dalam sushi Italia yang dijajal Fimela.com, akhir pekan lalu. Chef Franco menggunakan prosciutto atau crudo untuk menggantikan nori yang berfungsi sebagai pelapis dalam Parma Roll. Perpaduan keju mozzarella dan Parma ham serta tomat menghadirkan sentuhan khas pada bahan makanan autentik Italia favoritmu.

Kreasi sushi Italia menarik lainnya adalah Marzuka Roll. Sushi dengan kaviar hitam di atasnya tersebut punya tampilan yang cantik. Potongan tuna segar dan basil risotto menghasilkan rasa Jepang dan Italia yang kompetitif di mulut.

Chef Franco berhasil menciptakan kreasi sushi Italia yang tidak menghilangkan sensasi Jepangnya, apalagi dengan cocolan kecap asing yang disajikan dalam piring saji datar dari black stone.

Makin penasaran dengan sushi selanjutnya yaitu veggie Roll. Kali ini, sushi dibungkus dengan kubis halus yang menggantikan Nori, pas untuk vegetarian. Kombinasi antara zuchhini serta wortel, yang digabungkan dengan bawang goreng dan mayones bit meriah saat dikunyah.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Estetika Sushi

Veggie Roll
Perbesar
Sushi Italia Veggie Roll (Dok.Shangri-La Hotel Jakarta)

Terakhir adalah Milano Roll, sushi favorit kami dengan nama yang terinspirasi dari kota yang menghadirkan desain busana terbaik di Italia. Gulungan sushi ini memiliki risotto safron yang terkenal di Milan.

Dibungkus dengan daging asap dan ditaburi dengan jamur enoki renyah serta asparagus lembut di bagian tengah. Enak dan gurih!

Jangan lupa untuk mengabadikan tampilan sushi Italia ini didesain super cantik dan menarik sebelum menyantapnya. "Bagian estetika yang terpenting bagi saya saat membuat makanan Jepang adalah di mana harus mendekorasi sushi seperti sebuah patung kecil atau karya seni tiny," tutup Chef Franco. Grazie Chef!

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya