Sukses

Ini 5 Manfaat Tersembunyi Hand Sanitizer, Bisa Bersihkan Layar Ponsel

Belum banyak diketahui orang.

Liputan6.com, Jakarta Hand sanitizer atau pembersih tangan sering menjadi pilihan bagi Anda yang ingin menjaga kebersihan setiap saat. Hand sanitizer dinilai mampu membunuh kuman secara instan pada tangan dan menjadi pilihan darurat saat Anda tidak menemukan air bersih untuk membersihkan tangan

Namun selain digunakan sebagai pembersih tangan. Cairan hand sanitizer rupanya juga dapat berguna untuk keperluan lain. Kandungan antiseptik hand sanitizer dapat digunakan untuk  membersihkan alat-alat rumah tangga atau menghilangkan noda tinta.

Selain manfaat di atas masih banyak lagi manfaat tersembunyi dari penggunaan hand sanitizer. Berikut 5 manfaat tersembunyi dari hand sanitizer dilansir Liputan6.com dari Reader’s Diggest Senin (18/2/2019)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Membersihkan Perabotan Berbahan Logam

Gel pembersih tangan atau hand sanitizer dapat menghilangkan noda pada perabotan logam seperti pisau, sendok dan garpu. Caranya, teteskan beberapa tetes hand sanitizer pada kain lembut dan gosok pada bagian logam yang terdapat noda.

Selain itu, jika Anda belum membersihkan permukaan setrika atau pencatok rambut, ambil hand sanitizer untuk membersihkannya. Setrika dan pencatok rambut dapat menjadi sarang bakteri.

Setelah setrika atau pencatok rambut dingin, oleskan sedikit hand sanitizer, tunggu beberapa menit, lalu bersihkan dengan kain atau tisu bersih.

3 dari 6 halaman

2. Sebagai Pengganti Deodoran dan Dry Shampoo

Pengganti Deodoran

Alasan ketiak mulai berbau adalah bakteri yang muncul. Itulah mengapa sangat masuk akal bahwa menggosokkan hand sanitizer di ketiak, akan membuat ketiak Anda tetap segar. Anda dapat memanfaatkan hand sanitizer sebagai pengganti deodoran ketika  Anda lupa untuk menggunakan deodorant Anda atau mungkin Anda kehabisan deodoran.

Oleskan hand sanitizer pada ketiak Anda, biarkan sejenak olesan tersebut agar tidak lengket di baju Anda. 

Sebagai Dry Shampoo

Anda dapat menyemprotkan dry shampoo pada rambut agar rambut Anda terlihat segar saat Anda tidak punya waktu untuk keramas.

Tetapi jika Anda kehabisan Dry Shampoo, cobalah sedikit hand sanitizer pada rambut Anda. Dengan cara ini Anda akan mendapatkan rambut yang terasa segar dan bersih.

Cukup usapkan Hand sanitizer pada telapak tangan. Ratakan hand sanitizer dengan jari ke seluru rambut Anda sambil memijatnya.

4 dari 6 halaman

3. Menghapus Noda Tinta

Hapus spidol permanen

Jika anak-anak Anda atau Anda secara tidak sengaja menulis di papan tulis atau tempat lainnya dengan spidol permanen, Hand sanitizer dapat menjadi pilihan pertama untuk membersihkannya.

Pertama-tama oleskan hand sanitizer di area tempat spidol permanen berada, biarkan sejenak lalu gosok dengan kain kering. Lalukan pembersihan secara berulang untuk memperoleh hasil yang maksimal.

Menghapus Tinta Permanen Pada Pakaian

Anda bisa menggunakan hand sanitizer untuk menghilangkan noda tinta permanen dari pakaian Anda. Pastikan Anda mengoleskan hand sanitizer pada noda dan jangan menggosoknya biarkan saja selama beberapa saat.

Letakkan selembar koran di antara lapisan-lapisan pakaian sehingga tinta tidak meluber dari satu lapisan ke lapisan lainnya. Tunggu beberapa saat dan bilas noda tersebut. Dengan begitu noda akan hilang dengan sendirinya.

5 dari 6 halaman

4. Menghilangkan Perekat yang Lengket

Hapus label yang lengket

Residua atau bekas pada perekat label sulit untuk dihilangkan hanya dengan sabun dan air. Anda pasti ingin menghilangkan residu perekat yang lengket dari kulit, furnitur, dinding, piring baru, atau barang lainnya.

pembersih tangan dapat dengan cepat menghilangkan bekas lengket pada label yang kuat merekat di suatu benda. Cukup oleskan hand sanitizer pada permukaan benda yang berlabel tersebut dan gosokkan secara perlahan. 

Mencabut Plester Luka

Alih-alih menarik plester luka yang akan menimbulkan kesakitan. Anda dapat  menggosokkan sedikit hand sanitizer pada ujung plester yang lengket untuk melepaskan perekat yang melekat kuat. Tunggu sebentar, dan kemudian lepaskan plester tersebut.

6 dari 6 halaman

5. Membersihkan Perangkat Komputer dan Gadget

Memersihkan keyboard

Apakah Anda menyadari bahwa keyboard Anda bisa sama kotornya dengan dudukan toilet? Untuk mengatasi masalah kebersihan keyboard, Anda dapat menggunakan hand sanitizer yang telah diaplikasikan di atas kain.

Pastikan untuk mencabut atau mematikannya terlebih dahulu. Setelah itu bersihkan keyboard dengan kain yang telah dibasahi hand sanitizer. Biarkan mengering dengan sendirinya.

Membersihkan Mouse

Mouse juga nerupakan sarang kuman dan bakteri setelah keyboard. Dengan cara yang sama menggunakan hand sanitizer. Jika Anda menggunakan touchpad pada laptop, berikan perawatan yang sama. Tapi selalu ingat untuk mematikan semuanya terlebih dahulu.

Membersihkan Layar Sentuh Ponsel

Layar sentuh kerap menjadi sasaran tempat tinggal bakteri. Untuk membersihkannya, Anda perlu menyemprotkan sedikit hand sanitizer pada kain mikrofiber  atau kain apapun, lalu bersihkan permukaan layar sentuh ponsel dengan lembut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.