Sukses

Trik Memasak Nasi supaya Tidak Cepat Basi

Bukan sekedar dari cara memasak, ada bahan yang harus ditambahkan supaya nasi jadi tidak cepat basi.

Liputan6.com, Jakarta - Nasi tentu bukanlah kuliner asing bagi orang Indonesia. Belum makan malah katanya kalau belum menyantap sajian dengan dominan kandungan karbohidrat ini. Walau sudah sebegitu familier, masak nasi ternyata punya trik tertentu.

Ya, nasi pulen dan enak nyatanya ditunjang dengan cara memasak yang benar dan tepat. Bukan hanya dengan mencuci beras, lalu memberi air dan memasaknya hingga matang. Tapi, bagaimana cara memasak nasi agar tanak dengan hasil yang baik.

Nasi dipercaya bakal jadi lebih pulen dan tahan lama bila ditaruh di penghangat. Tapi, nasi yang ditaruk di rice cooker, biasanya akan lebih cepat kering, bahkan berubah warna jadi kuning, kemudian basi.

Supaya tetap bisa mendapatkan nasi pulen, tapi tidak cepat basi, Anda bisa menambahkan air perasan jeruk nipis pada beras yang akan di masak dalam alat pemasak nasi. Caranya, pastikan beras sudah dicuci bersih dan sudah dalam takaran air yang pas, lalu masukan perasan air jeruk nipis kira-kira 2 sdt, lalu diamkan hingga matang.

Cara ini bisa diterapkan oleh Anda yang terbiasa menaruh nasi di rice cooker maupun tidak. Lihat sendiri bagaimana rasa dan waktu ketahanan nasi berubah setelah Anda menerapkan trik sederhana ini. (Ega Maharni/Fimela.com)

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.