Sukses

Elephant Park Tahap II Resmi Dibuka, Warga Lampung Diharapkan Tambah Bahagia

Usai peresmian Elephant Park tahap II, pemerintah berencana melanjutkan pembangunan tahap III agar fasilitas tempat bermain anak itu semakin komplit.

Bandar Lampung - Taman Bermain Lampung Elephant Park (Taman Gajah Lampung) resmi dibuka oleh Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo pada Minggu, 17 Februari 2019, di Bandar Lampung. Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pelepasan balon ke udara.

Taman Bermain Anak ini merupakan pembangunan tahap kedua dari Lampung Elephant Park yang rencana pembangunannya dibagi menjadi tiga tahap. Pada pembangunan tahap pertama pada 2017 lalu, telah dibangun taman terbuka, lapangan basket, skate park, taman air mancur, dan musala.

Sementara, pembangunan tahap II dilanjutkan dengan pembangunan taman bermain anak, panggung terbuka, kamar mandi dan toilet, Pos Keamanan Pol PP, dan pusat suvenir. Berikutnya, pembangunan tahap ketiga rencananya akan dibuat area parkir kendaraan dan taman terbuka hijau.

"Dasar pemikiran dibangun Lampung Elephant Park adalah karena kurang ruang publik dan ruang terbuka hijau di Kota Bandar Lampung," ujar Ridho, saat peresmian Taman Bermain Anak Lampung Elephant Park, dilansir Antara.

Ridho menyatakan berdasarkan indeks pertumbuhan ekonomi, Provinsi Lampung mengalami peningkatan yang sangat baik. Namun, hasil itu ternyata berbanding terbalik dengan indeks kebahagiaan masyarakat Kota Bandar Lampung.

Setelah diteliti, ternyata salah satu parameter yang membuat indeks kebahagiaan Kota Bandar Lampung rendah adalah kurangnya ruang publik. "Tadinya ini kita hanya coba-coba, karena sebenarnya bukan tugasnya pemprov. Tapi karena kita juga punya aset yang dapat dimanfaatkan, maka kita coba trial and error, dan ternyata animo masyarakat sangat baik, makanya kita teruskan," tutur Gubernur.

Selain Lampung Elephant Park, Pemprov Lampung juga tengah merevitalisasi PKOR Way Halim agar dapat menjadi ruang publik yang representatif untuk masyarakat Lampung. "Selain itu, ada juga observatorium atau teropong bintang terbesar yang sedang kita bangun di Taman Hutan Raya Wan Abdul Rachman di Gunung Betung, ke depan bisa kita gunakan sebagai wahana wisata pendidikan," katanya.

Ia berharap agar fasilitas ruang publik yang dibangun Pemprov Lampung dapat bermanfaat bagi masyarakat. Ia juga meminta masyarakat untuk bersama-sama menjaga kebersihan semua fasilitas yang ada. (Adinda Kurnia Islami)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.