Sukses

Cara Raih Beasiswa agar Siap Hadapi Tantangan Dunia Kerja

Tak hanya dibekali pendidikan tinggi, tapi juga pendampingan untuk siap hadapi persaingan dunia kerja, ini program beasiswa yang bisa diikuti para perempuan Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Melanjutkan komitmen dalam mendukung pendidikan di Indonesia, Fair & Lovely bekerja sama dengan Hoshizora Foundation kembali menyelenggarakan program 'Fair & Lovely Bintang Beasiswa'. Di tahun ketiga, Bintang Beasiswa bermaksud menyiapkan para penerima manfaat menghadapi tantangan dunia kerja dan berkontribusi di masa mendatang.

Hal ini hendak direalisasikan lewat kegiatan magang pada tahun ke tiga perkuliahan. Pendaftaran tahun ini dipermudah dengan hadirnya pendaftaran melalui jalur daring dan memperluas cakupan ke hampir seluruh wilayah Indonesia.

"Kami selalu mendapatkan sambutan yang sangat positif selama dua tahun pelaksanaan Fair & Lovely Bintang Beasiswa. Bahkan, tahun lalu lebih dari 20 ribu wanita muda Indonesia turut berpartisipasi," kata Amaryllis Esti selaku Head of Marketing Face Care Category PT Unilever Indonesia, Tbk. lewat siaran pers yang diterima Liputan6.combaru-baru ini.

"Secara berkelanjutan, Fair & Lovely Bintang Beasiswa tidak hanya memberi akses pendidikan tinggi bagi 50 wanita muda berprestasi Indonesia, tapi juga berbagai program pendampingan untuk meningkatkan kompetensi sehingga dapat menjawab kebutuhan dunia kerja di masa mendatang," tambahnya.

Salah satu target yang ingin dicapai pada tahun 2020 adalah memberdayakan 5 juta perempuan di seluruh dunia karena Unilever percaya bahwa pemberdayaan perempuan adalah satu faktor pendorong terbesar bagi kemajuan manusia dan pertumbuhan ekonomi.

"Sejalan berkembangnya dunia usaha, tuntutan kebutuhan akan lulusan universitas yang kompeten sangat tinggi. Berdasarkan studi Talent Crunch oleh Korn Ferry (2016), Indonesia diprediksi mengalami defisit sumber daya manusia lulusan universitas yang siap dan kompeten hingga 1,3 juta pada tahun 2020," tutur Praktisi Ketenagakerjaan Mutiara Pratiwi di kesempatan yang sama.

"Dan, semakin besar pada tahun 2030 di mana defisit akan mencapai 3,8 juta atau 29,9 persen dari total angkatan kerja lulusan universitas. Hal ini menunjukkan sebenarnya peluang bagi para lulusan universitas sangat tinggi,” sambungnya.

Ia beranggapan, dengan berwawasan luas, perempuan berkapasitas memiliki growth mindset, sehingga mereka selalu semangat belajar, berkembang, dan membekali diri dengan kompetensi lain sebagai modal ketika memasuki dunia kerja, tujuan selaras dengan Fair & Lovely Bintang Beasiswa.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara Dapatkan Beasiswa

Lintang Gustika selaku Project Manager dari Hoshizora Foundation mengatakan, saat ini wanita Indonesia masih sulit mengaktualisasikan diri. "Terbukti hanya 1 dari 6 wanita saja yang bisa melanjutkan ke tingkat sarjana dan tercatat jumlah tingkat partisipasi angkatan kerja wanita masih mencapai 51,88 persen," ujarnya.

Gita Gutawa, sosok selebriti yang sangat peduli dengan pendidikan dan mendapat gelar master di usia muda pun membagikan kisah inspiratifnya. "Momen ketika aku dihadapkan dengan pilihan untuk melanjutkan pendidikan atau musik merupakan yang terberat karena bagiku musik adalah segalanya," tutur pemilik nama lengkap Aluna Sagita Gutawa tersebut.

Namun, Gita kemudian berpikir kembali. Ia memantapkan diri untuk memprioritaskan kuliah sampai menyelesaikan studi S2 dan meninggalkan karir bermusik sementara. "Aku yakin pendidikan lebih bernilai... Aku juga memilih jurusan yang nantinya akan berguna, serta menjadi potensi besar di Indonesia," Gita menjelaskan.

Tahun ini, Fair & Lovely Bintang Beasiswa 3 membuka kesempatan seluas-luasnya bagi siswi kelas 12 dan lulusan SMA/SMK/MA/sederajat di seluruh pulau Jawa, Madura, Sumatera Selatan, Sulawesi Selatan dan Kalimantan Barat untuk mewujudkan impian mereka meneruskan pendidikan ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di wilayah tersebut, kecuali PTN di Jabodetabek.

Registrasi dapat dilakukan di situs www.voteuntukimpianku.com. Beasiswa Fair & Lovely akan diberikan dalam bentuk tabungan pendidikan yang akan dikelola dan diberikan secara berkala selama 4 tahun masa studi mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.