Sukses

Selain Pantai, Simak 6 Destinasi Wisata Menarik di Banyuwangi

Belum memiliki rencana untuk akhir pekan? Enam destinasi wisata cantik di Banyuwangi dapat jadi referensi.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia menyimpan segudang keindahan alam yang wajib Anda ketahui dan satu destinasi di antaranya adalah Banyuwangi, Jawa Timur. Tak hanya memiliki pantai-pantai cantik, di sana ada pula beberapa destinasi wisata lain yang tak kalah menarik.

Pilihan wisata di Banyuwangi ini dapat menjadi referensi Anda untuk merencanakan liburan singkat bersama orang-orang terkasih. Pengalaman berbeda tentunya dihadirkan dari setiap destinasi.

Lantas, apa saja destinasi wisata menarik di Banyuwangi yang sayang untuk dilewatkan? Simak ulasannya seperti dirangkum dari buku Explore Banyuwangi yang diterbitkan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur berikut ini.

1. Kawah Ijen

Kawah Ijen menjadi salah satu destinasi wajib ketika mengunjungi Banyuwangi. Kawah danau terbesar di Pulau Jawa ini terletak di Kecamatan Licin, dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam atau 35 kilometer dari Kota Banyuwangi.

Kawah belerang ini memiliki kedalaman 200 meter dan mengandung 36 juta meter kubik air asam beruap. Beragam ukuran dan warna batu belerang dapat ditemukan di sana. Pada malam hari, pengunjung dapat menyaksikan kobaran api biru atau blue fire yang menghiasi bibir kawah.

2. Wisata Pohon Pinus

Wisata ini terletak di Desa Sumberbulu, Kecamatan Songgon sekitar 35 kilometer dari Kota Banyuwangi. Wisata Pohon Pinus menyuguhkann segarnya udara pegunungan hutan pinus.

Ada banyak spot foto untuk mengabadikan liburan menarik pengunjung. Selain itu, pemandangan sungai badeng dari ketinggian hamparan hutan pinus juga dapat dinikmati di sini. Ada beberapa fasilitas yakni spot foto puluhan payung yang bergantungam berkuda, hingga lampion-lampion warna-warni.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Teluk Hijau

Teluk Hijau berada di Kecamatan Pesanggaran yang berjarak dua kilometer dengan Pantai Rajegwesi. Pemandangan dari atas bukit begitu mengagumkan. Degradasi warna dari pasir putih, hijau, dan birunya air laut siap memanjakan mata pengunjung.

4. Wisata Kopi Gombengsari

Bagi Anda pecinta kopi, wajib untuk singgah di Kampoeng Kopi Gombengsari yang terletak di dataran tinggi sekitar 400-500 mdpl. Hal ini membuat daerah tersebut menjadi tempat penghasil kopi berkualitas baik. Berjarak 15 kilometer dari Kota Banyuwangi, pengunjung dapat melihat proses petik dan sangrai kopi secara tradisional.

3 dari 3 halaman

5. Bangsring Underwater

Tak hanya pantai, Banyuwangi juga menawarkan keindahan dari bawah laut seperti di Bangsring Underwater. Terletak di dusun Krajan, Desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo ini sangat cocok bagi para pecinta snorkeling atau diving.

Pengunjung dapat menikmati keindahan biota, tanaman laut, dan terumbu karang. Coral di sini terdiri atas dua jenis yakni soft coral dan hard coral yang menjadi tanaman bagi 500 jenis ikan hias di perairan ini.

6. Padang Savana Sadengan

Destinasi wisata ini menjadi rumah dari bintang-bintang di Taman Nasional Alas Purwo. Di sana terdapat deretan binatang liar seperti menjangan, banteng, buruk merak, babi liar, unggas hutan, hingga aneka burung.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.