Sukses

6 Langkah Sederhana untuk Bantu Atasi Insomnia

Anda sering insomnia? Wajib tahu cara alami berikut ini

Liputan6.com, Jakarta Kurang tidur membuat fungsi tubuh menjadi tidak normal. Mulai dari konsentrasi yang rendah hingga daya tubuh melemah. Terjadinya insomnia sangat menganggu pola tidur di malam hari. Penyebabnya karena stres, kecemasan, dan kebiasan tidur yang buruk.

Namun percayalah dengan cara-cara alami Anda bisa terlepas dari insomnia. Dilansir dari lifehack.org, Kamis, 14 Februari 2019berikut 6 cara alami untuk mengatasi insomnia.

Mulai Tidur Lebih Awal

Tampaknya cukup mudah dan sederhana, tetapi Anda benar-benar harus membuat jadwal tidur, setidaknya satu jam dari sebelumnya.

Mungkin Anda merasa bahwa begadang karena insomnia yang dialami. Namun perlu diketahui, Anda juga harus memberi  kesempatan tubuh untuk beristirahat lebih awal dan mempersiapkannya untuk hari esok.

Matikan Elektronik di Malam Hari

Ini mungkin menjadi permasalahan pertama Anda untuk susah tidur. Benda elektronik seperti telepon, tablet, dan TV memancarkan cahaya biru yang dapat mengganggu otak.

Saat Anda menggunakan barang elektronik dan lampu terang di malam hari, rasanya seperti berdiri di luar pada siang hari yang cerah menurut otak Anda. Mulailah untuk menghilangkan atau mengurangi penggunaan layar satu hingga hingga jam sebelum ingin tidur.

Berolahraga

Ini adalah salah satu obat insomnia terbaik dan gratis, orang yang berolahraga secara teratur terbukti memiliki tidur yang lebih baik. Lakukan olahraga sekitar 30 menit, 2 sampai 4 kali dalam seminggu dapat membantu atasi insomnia Anda.

Matikan Lampu Kamar 

Beberapa tips ini semuanya saling berhubungan. Anda perlu mematikan lampu kamar agar mudah untuk tertidur.

Mematikan lampu kamar Anda di malam hari berarti memberi tahu tubuh bahwa hari telah selesai. Kegelapan juga membantu mengeluarkan melatonin yang tidak bisa dilakukan jika selalu ada cahaya terang yang menembus mata Anda.

Hindari Kafein

Efek dari kafein dapat bertahan lebih lama dari yang Anda sadari. Nyatanya efek ini dapat bertahan dua hingga tiga jam.

Kafein memiliki apa yang disebut “paruh” yang dapat memperpanjang efeknya pada aliran darah Anda. Masih ada dampak 6 jam atau lebih kemudian. Jika Anda minum kopi pada pukul 4-5 sore, ini mungkin sebabnya Anda tidak bisa tidur pada pukul 11 malam itu.

Mandi Air Hangat

Ini dapat memberi sinyal pada tubuh bahwa sudah waktunya tidur. Mandi air hangat secara alami membantu memperlambat dan melemaskan sistem saraf dan mendorong Anda untuk merasa mengantuk. (Adinda Kurnia Islami)

Saksikan video pilihan di bawah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.