Kenali 6 Makanan yang Dapat Menyebabkan Jerawat

Oleh Putu Elmira pada 15 Feb 2019, 09:00 WIB
Diperbarui 15 Feb 2019, 09:00 WIB
jerawat-130706b.jpg
Perbesar
kenali makanan penyebab jerawat

Liputan6.com, Jakarta - Jerawat merupakan kondisi umum yang dialami oleh hampir 10 persen dari populasi di dunia. Seringkali jerawat membuat seseorang menjadi tidak percaya diri saat menjalankan aktivitas.

Banyak faktor yang dapat menyebabkan jerawat Anda muncul, mulai dari bakteri, hormon, pori-pori yang tersumbat hingga makanan.

Dilansir dari healthline.com, Kamis, 14 Februari 2019, berikut 6 makanan yang dapat menyebabkan jerawat.

1. Butir dan Gula Halus

Orang yang berjerawat cenderung mengonsumsi lebih banyak karbohidrat olahan daripada orang yang tidak berjerawat. Makanan tersebut meliputi kerupuk, roti, nasi, minuman manis olahan, dan pemanis buatan.

Studi menyatakan bahwa orang yang sering mengkonsumsi gula, 30 persen memiliki risiko tumbuh jerawat.  Sementara mereka yang sering mengonsumsi kue memiliki risiko 20 persen terkena jerawat.

2. Produk Susu

Banyak penelitian yang sudah menemukan hubungan antara produk susu dan keparahan jerawat. Studi mengatakan bahwa orang dewasa yang sering mengonsumsi susu dan es krim empat kali lebih tinggi memiliki risiko berjerawat.

Susu diketahui dapat meningkatkan kadar insulin, terlepas dari pengaruhnya terhadap gula darah, yang dapat memperburuk kondisi jerawat.

3. Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji, seperti burger, nugget, hot dog, kentang goreng, soda, dan milkshake, adalah makanan andalan dari makanan khas Barat dan dapat meningkatkan risiko jerawat.

Satu studi terhadap lebih dari 5.000 remaja dan dewasa muda Cina menemukan bahwa diet tinggi lemak dikaitkan dengan peningkatan risiko 43 persen untuk jerawat. Makan makanan cepat saji secara teratur meningkatkan risiko sebesar 17 persen.

4. Makanan Kaya Lemak Omega-6

Diet yang mengandung sejumlah besar asam lemak omega-6, seperti makanan khas Barat, dikaitkan dengan peningkatan kadar peradangan dan jerawat. Ketidakseimbangan asam lemak omega-6 ini mendorong tubuh ke kondisi peradangan, yang dapat memperburuk kondisi jerawat.

5. Cokelat

Cokelat disebut sebagai pemicu jerawat semanjak 1920-an. Beberapa survei mengaitkan makan cokelat dapat meningkatkan risiko timbulnya jerawat.

6. Bubuk Protein

Bubuk protein adalah suplemen makanan yang populer, sumber makanan yang kaya akan asam leusin dan glutamin. Asam amino ini membuat sel-sel kulit tumbuh dan membelah lebih cepat, yang dapat berkontribusi pada pembentukan jerawat

Asam amino dalam protein dapat merangsang tubuh untuk menghasilkan tingkat insulin yang lebih tinggi yang dikaitkan dengan perkembangan jerawat.(Adinda Kurnia Islami)

Saksikan video pilihan di bawah:

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya