Sukses

Gelar Influencer Gathering di Jeddah, Upaya Kemenpar Dongkrak Wisman Saudi

Kemenpar mengelar Influencer Gathering di Jeddah sebagai upaya untuk meningkatkan jumlah wisman Saudi ke Tanah Air.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pariwisata (Kemenpar) menyelenggarakan Influencer Gathering di Jeddah, Arab Saudi pada 11-12 Februari 2019. Gelaran ini dihelat untuk menjaring lebih banyak wisman Arab Saudi ke Tanah Air.

Ada puluhan industri pariwisata Indonesia yang bertemu 50 pembeli asal Jeddah, sebut saja agen perjalanan dan pedagang grosir. TFA manasek International, satu di antara pelaku industri wisata Indonesia yang merupakan perusahaan handling jemaah haji dan umrah selama di Arab Saudi.

Nordin Hidayat, CEO TFA manasek International menyampaikan bahwa gelaran ini sangat bagus dan persuasif.

"Ini merupakan langkah yang bagus untuk membantu sinergitas kita di Saudi dalam mempromosikan Wisata Indonesia kepada warga Saudi Arabia, ke depannya kita akan membuka jalur traveling orang Saudi ke banyak tempat indah di Indonesia, contohnya ke Bukittinggi Sumbar, ke Danau Toba Sumut dan masih banyak lagi," jelas Nordin Hidayat, melalui keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com.

Asim Garoot, Vice President & Director Marketing TMB di Mekkah mengatakan acara ini sebagai ajang unjuk kualitas industri wisata Indonesia kepada Internasional.

"Terobosan baru akan kami lakukan di Saudi Arabia dalam mempromosikan Wisata Travel Indonesia. Kita akan menggaet pasar traveling orang Saudi untuk meng-explore lagi wisata yang ada di Indonesia," kata Asim Garoot yang juga asli orang Garut Jawa Barat.

Selain pelaku usaha wisata asal Indonesia, instansi pemerintah daerah juga turut bergabung yaitu kepala dinas pariwisata Sumatera Barat, Oni Alfian. Ia menyebut wisata Sumatra Barat telah dikenal luas oleh masyarakat Saudi hingga ia meyakinkan Pemprov Sumatera Barat akan memberikan layanan maksimal terutama di bidang pariwisata.

"Sekarang pasar wisata Sumatera Barat sudah banyak diketahui oleh warga Saudi, sehingga kami akan selalu berbenah dan selalu memberikan servis yang baik kepads wisatawan. Alhamdulillah orang Saudi banyak yang datang ke Sumatera barat, contohnya ke Bukittinggi, Danau Maninjau, Payakumbuh, Istana Pagaruyung Batu Sangkar dan masih banyak yang lain," jelas Oni Yulfian.

Sementara, acara Influencer Gathering juga dihadiri oleh Mazem, Influencer asal Mekkah. "Saya hadir disini sangat bersyukur sekali, karena saya sebagai penyiar radio Alif Alif FM di Saudi. Banyak informasi dunia traveling di Indonesia saya ketahui di Acara ini. InsyaAllah nanti dalam siaran radio saya, akan saya promosikan kepeda pendengar Alif Alif FM di Mekkah," ungkap Mazem yang juga aktif di berbagai komunitas sosial media di Mekkah, Saudi Arabia. 

Acara Influencer Gathering adalah rangkaian acara dari seluruh kegiatan yang digelar Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Indonesia pada kegiatan Jeddah International Travel & Tourism Exhibition dilaksanakan pada 13-15 Februari 2019.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.