Sukses

Sontek 6 Rahasia Memanggang Kue yang Sempurna

Rahasia memanggang kue ini akan menghasilkan kue yang terasa ringan namun lebih lembut.

Liputan6.com, Jakarta - Kuesering menjadi makanan yang diidamkan oleh banyak orang. Baik membeli dari toko ataupun memanggangnya sendiri di rumah, kue selalu disantap sebagai makanan penutup atau jenis cemilan.

Memanggang kue di rumah bukanlah merupakan hal yang simpel. Mulai dari mengukur dan mengocok bahan hingga memanggangnya, kegiatan membuat kue pasti membutuhkan waktu yang lama. Tak jarang kue yang dipanggang cenderung tidak sesuai harapan, mulai dari kue yang terasa berat hingga adonan yang bergelembung.

Namun, ada cara mudah untuk memanggang kue sehingga sesuai dengan ekspektasi kita. Dilansir dari laman quickanddirtytips.com, Kamis, 14 Februari 2019, berbagai rahasia memanggang kue ini bisa membantu Anda menghasilkan kue yang sempurna.

1. Mengganti Telur

Gantilah dua kuning telur dengan satu butir telur ketika Anda memanggang kue. Niscaya, kue Anda akan lebih padat dan berisi sebab kuning telur tidak menyerap udara sebanyak putih telur. Tips ini termasuk langkah yang kurang sehat, tapi akan membuat kue Anda menjadi lebih enak.

2. Membuat Kue Tanpa Bobot

Ketika memanggang kue, kita cenderung merasa bahwa kue terasa lebih berat. Namun, ada trik agar kue yang kita panggang menjadi lebih ringan. Caranya tambahkan satu atau dua tetesan air lemon ke dalam campuran mentega dan gula.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Agar Kue Lebih Empuk

Kue yang Lebih Empuk dan Ringan

Tambahkan dua sendok makan tepung jagung tiap kali Anda menuangkan satu gelas tepung kue. Kemudian saringlah sebelum diaduk. Cara ini akan membuat kue anda menjadi lebih ringan dan empuk.

Hilangkan Gelembung pada Kue

Sebelum memanggang, pastinya kita akan menemukan gelembung-gelembung yang terdapat pada kue. Untuk menghilangkannya, ketuklah loyang kue anda secara perlahan dengan meja sebanyak dua atau tiga kali. Cara ini pasti ampuh untuk menghalangi jalannya udara masuk ke adonan.

3 dari 3 halaman

Menghindari Bentuk Kue yang Salah

Hindari Bentuk Kubah

Terkadang ketika memanggang, seringkali kita menemukan hasil kue kita berbentuk layaknya kubah. Bila kasus itu ditemui, ada tiga kemungkinan penyebabnya kue menjadi seperti itu. Suhu oven yang terlalu tinggi, loyang kue yang terlalu kecil atau keseimbangan bahan seperti telur dan tepung tidak sesuai.

Mengetes Kematangan Kue

Ketika Anda hendak memanggang kue seperti pound-cake jangan pernah mengetes dengan menusuk bagian tengahnya, sebab Anda pasti akan menemukan bahwa cake tersebut masih cair padahal cara memasaknya sudah sesuai. Padahal ketika kue baru dipanggang, bagian dalamnya memang cair pada awalnya dan akan membeku ketika kue sudah mulai mendingin. Tusuklah bagian pinggirnya dengan tusuk gigi sehingga Anda bisa mengetahui apakah kue tersebut sudah matang atau belum.

(Esther Novita Inochi)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.