Sukses

4 Trik Mengatasi Salah Paham dalam Hubungan Cinta

Apa saja tip untuk menangani permasalahan salah paham yang terjadi dalam hubungan cinta Anda?

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu kunci hubungan cinta yang langgeng adalah membangun komunikasi yang baik. Namun sulit dipungkiri, akan selalu saja ada perselisihan, perbedaan pendapat, hingga salah paham dalam jalinan asmara.

Terdapat beberapa trik untuk mengatasi salah paham dengan pasangan. Melansir liveabout.com, Jennifer Jeanne Patterson, penulis 52 Fights: A Newlywed's Confession menjelaskan sejumlah tips dapat dicoba. Apa saja? Simak selengkapnya seperti dirangkum Fimela.com di bawah ini.

1. Jangan Buat Asumsi

Patterson menyampaikan untuk tidak membuat asumsi ketika kesalahpahaman melanda hubungan Anda. Coba untuk selalu melihat segala sisi lebih dahulu tanpa menyimpulkan secara sepihak.

2. Berkata Jujur

Kunci penting lain dalam hubungan adalah adanya kejujuran. Daripada saling menuduh dan menyalahkan, ada baiknya untuk berkata jujur. Selain itu, jangan terlalu lama memendam perasaan dan saling diam. Jalin kembali komunikasi secara perlahan.

3. Jangan Saling Menyindir

Patterson juga menyebut untuk tidak berbelit-belit dan hal yang perlu diingat adalah sarkasme tidak akan menghasilkan sesuatu. Hal ini akan menyebabkan luka dan memperkeruh masalah.

Saling menyindir mengenai permasalahan yang terjadi akan memperburuk suasana. Perasaan pun akan terasa lebih sakit saat hanya diisi dengan sikap menyindir.

4. Jangan Membesar-besakan Masalah

Apabila emosi telah menguasai diri, masalah kecil akan menjadi momok dalam hubungan. Untuk mengatasi salah paham, ada baiknya Anda dan pasangan saling bicara dan mencari akar dari masalah.

Saat salah paham, coba untuk menenangkan diri dan memulai mengingat apa permasalahan yang tengah melanda hubungan. Setelah itu, upayakan menyelesaikan masalah tersebut agar hubungan cinta Anda dan pasangan kembali hangat. (Endah Wijayanti/Fimela.com)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.