Tips Memilih Ranjang untuk Menepis Energi Negatif Menurut Fengshui

Oleh Putu Elmira pada 13 Feb 2019, 04:00 WIB
Tips Memilih Ranjang untuk Menepis Energi Negatif Menurut Fengshui

Liputan6.com, Jakarta - Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pemilihan ranjang dalam kamar tidur. Menurut fengshui, poin penting yang seharusnya ada adalah headboard atau kepala ranjang.

"Yang paling penting sebenarnya ada headboard. Orang-orang suka salah mereka tempat tidur nggak punya kepala ranjang, kalau secara desain katanya artistik unik. Sebenarnya desain boleh artistik tapi harus fungsional," kata Jenie Fengshui, ahli Fengshui saat ditemui di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

Esensi fungsi menjadi sebuah hal yang harus didahulukan untuk menangkal adanya energi negatif yang masuk ke dalam rumah, terutama kamar tidur. Ini juga berlaku pada keberadaan headboard.

"Karena saya arsitek dan pakai fengshui ada form follow function. Function lebih penting daripada form, karena function akan membuat kita lebih nyaman, nggak ada energi negatif. Kalau ada kepala ranjang jadi stabil," tambahnya.

Selain itu, Jenie juga menambahkan ranjang yang baik menurut fengshui adalah yang tidak ada beban. Bentuk dari headboard pun harus diperhatikan jangan sampai menggunakan yang berbentuk lengkung-lengkung.

"Ranjangnya nggak ada beban-beban seperti ranjang model klasik yang ada empat tiang, ada gorden-gorden. Secara desain keren tapi secara tidur auranya menekan. Bentuk lengkung-lengkung yang klasik itu seperti bongpai atau nisan," lanjut Jenie.

Ia juga menyebutkan bahwa zaman sekarang yang mungkin banyak bermasalah adalah kesehatan. Hal ini akan dirasa semakin buruk ketika adanya konflik elemen yang terjadi di alam dan manusia akan terpengaruh pada kehidupan dan tubuhnya.

"Menjaga kesehatan utamanya dari kamar tidur, kalau kamar tidur nggak balance nanti akhirnya jadi masalah," katanya.

Maka dari itu, penempatan ranjang yang baik berdasarkan fengshui adalah tidak boleh membelakangi jendela. "Kepala ranjang jangan jendela langsung dan segaris dengan jendela juga tidak boleh," ungkap Jenie.

"Yang paling benar sebenarnya posisi ranjang bersandar ke dinding yang stabil di mana dinding nggak ada apa-apa. Kalau ada WC di belakangnya tidak boleh," tutup Jenie Fengshui.

Saksikan video pilihan di bawah ini: