Sukses

Pecel Semanggi, Makanan Enak Khas Kendal yang Jarang Orang Tahu

Pecel Semanggi makanan khas Kota Kendal bisa membuat orang ketagihan karena rasanya yang unik.

Liputan6.com, Jakarta - Daun semanggi yang banyak ditemui di pinggir sawah ternyata bisa diolah jadi makanan enak oleh warga Kendal, Jawa Tengah. Namanya pecel semanggi.

Makanan khas Kendal ini dapat kita jumpai di alun-alun Kota Kendal, dijual dengan cara digendong oleh ibu-ibu. Walaupun kini sudah langka, tapi Pecel Semanggi tetap menjadi primadona masyarakat Kendal.

Pecel yang satu ini memang berbeda dengan pecel sayur lainnya, mulai dari pembuatan sambalnya hingga cara penyajiannya. Mbak Ros, salah seorang penjual pecel semanggi menerangkan, bahan khas pecel adalah daun semanggi dan kecambah (taoge).

Pemilik warung yang terletak di depan kantor Kecamatan Kaliwungu, Kendal, itu menerangkan daun semanggi adalah jenis tanaman paku-pakuan dan berbentuk kecil. Daun ini bermanfaat untuk kesehatan seperti obat saluran kencing, obat amandel, dan obat batuk. 

Warung yang sudah dibuka selama satu tahun itu tidak pernah sepi pengunjung. "Alhamdulillah warung selalu ramai, walaupun gak setiap hari buka. Apalagi pas enam bulan pertama buka, Pecel Semanggi ini selalu habis mba," ujar Mba Ros saat diwawancarai melalui aplikasi perpesanan pada Rabu, 6 Februari 2019.

Sambal pecel khas Kendal ini juga berbeda dengan sambal pecel biasanya. Sambal Pecel Semanggi terbuat dari ubi, kacang tanah, gula merah, dan tambahan petis.

Sesuai dengan lidah orang Jawa, sambal dari pecel semanggi tidak terlalu pedas. Ada rasa manis karena dicampur dengan ubi. Perpaduan antara bumbu-bumbunya membuat penikmat Pecel Semanggi ini ketagihan saat mencicipinya. Tambahan petis membuat pecel ini menjadi gurih.

Tidak menggunakan piring, makanan khas Kendal disajikan menggunakan daun pisang yang dipincuk sebagai alas untuk menyantapnya. Sensasi makan menggunakan daun pisang akan menambah kenikmatan saat menyantapnya.

Rasanya tidak lengkap jika makan pecel semanggi tidak menggunakan sate keong. Tambahan sate keong yang dibumbu bacem pedas ini menambah cita rasa yang khas pada Pecel Semanggi.  

Sate keong juga kaya manfaat untuk kesehatan tubuh kita, yaitu dapat dijadikan sebagai sumber kalsium selain susu dan daging sate keong mengandung protein yang tinggi. Bagi kalian yang belum pernah mencoba sate keong wajib berkunjung ke Kota Kendal untuk mencicipi makanan khas yang unik yang satu ini. (Adinda Kurnia Islami)

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.