Tempat-Tempat untuk Rasakan Sensasi Makan di Tengah Aliran Sungai

Oleh Asnida Riani pada 07 Feb 2019, 07:30 WIB
Diperbarui 07 Feb 2019, 07:30 WIB
Kuliner Boyolali
Perbesar
Pawon Glagahan, Boyolali, Jawa Tengah. (dok. Instagram @aprilia_saras/https://www.instagram.com/p/Bs8I5bSAdn_/Asnida Riani)

Liputan6.com, Jakarta - Tak akan habis sepertinya jika membahas tentang inovasi kuliner. Seiring waktu bergulir, ada saja hal baru yang muncul dan membuat ketertarikan makan dengan sensasi baru membuncah. Tak hanya soal makanan, namun juga suasana yang ditawarkan.

Salah satu yang sangat mungkin menggelitik rasa penasaran adalah tawaran makan di tengah aliran sungai. Ya, Anda tak salah membacanya. Bukan di tepi atau semata menyajikan panorama sungai mengalir, namun Anda benar-benar bisa makan sembari kaki merasakan segar air aliran sungai.

Dengan ragam menu yang disajikan, tempat-tempat ini menarik untuk disambangi dan jadi referensi untuk menghabiskan waktu bersama teman, pasangan, maupun keluarga. Berikut beberapa tempat untuk menjajal sensasi makan di tengah aliran sungai seperti dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (6/2/2019).

Pawon Glagahan

Nuansa khas Pulau Dewata dengan teduh petak sawah di sini mungkin bakal mengingatkan Anda pada Ubud. Namun, restoran unik ini sebenarnya berlokasi di Dukuh Glagahan, Desa Jipangan, Kecamatan Banyudono, Boyolali, Jawa Tengah.

Usaha keluarga yang baru buka sejak 2017 ini memungkinkan Anda menyantap menu ala rumahan seperti sayur lodeh, nasi pecel, dan soto, sembari merasakan segar aliran sungai kecil. Ada juga berbagai minuman segar yang siap jadi pelengkap. Harga yang ditawarkan cukup terjangkau, yakni mulai dari Rp 10 ribu dan buka pukul 10 pagi sampai 6 sore.

Banyu Biru

Alternatif wisata di Dusun Wonotirto, Desa Wonomerto, Kecamatan Wonosalam ini berjarak satu jam berkendara dari pusat kota Jombang. Berada di lereng Pegunung Anjasmoro, wana wisata tersebut tak semata menawarkan nuansa sejuk nan membuat betah.

Di samping menikmati keindahan panorama alam dari ketinggian sekitar 300 meter, Anda juga bisa menikmati sensasi makan di tengah aliran sungai. Sajiannya berupa masakan yang mulai sulit didapati, khususnya di kota besar.

Dengan harga terjangkau, Anda sudah bisa menikmati nasi jagung dan nasi tiwul yang disajikan bersama sayur daun singkong dan pepaya. Paduannya lebih nikmat dengan lauk khas pedesaan seperti ikan asin, tahu dan tempe. Juga, tak lupa suasana segar dengan aliran sungai tepat di kaki.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini: