Sambut Imlek, Lampion Merah Hiasi Wihara Penuh Ukiran di Bogor

Oleh Asnida Riani pada 05 Feb 2019, 15:00 WIB
20160208-Umat Tionghoa Kota Bogor Silih Berganti Sembahyang di Vihara Dhanagun-Jakarta

Liputan6.com, Jakarta - Bagi Anda yang sedang berada di Bogor, sempatkanlah untuk melihat Wihara Dhanagun. Wihara ini berlokasi di Jalan Suryakencana, persis berhadapan dengan pintu masuk utama Kebun Raya Bogor. Menyambut Imlek, kawasan tersebut dihiasi dengan lampion berwarna merah dan terdapat penjualan kue keranjang.

Nuansa kebudayan etnis Tionghoa sangat kental terasa di Wihara Dhanagun. Anda akan disambut dengan gerbang berwarna merah dengan huruf Cina terpampang di atasnya. Beberapa langkah dari gerbang tersebut, kamu akan melihat pemandangan memukau dari ukiran dinding yang terdapat di kedua sisi luar Wihara.

Tema di dinding Vihara Dhanagun sebelah kiri (dalam posisi kita menghadap dinding) menggambarkan legenda Sun Go Kong. Di ukiran ini terlihat sang Raja Kera sedang beriringan dengan Sang Mahaguru Tong, si tokoh bermuka babi Pat Kai dan tokoh saudaranya si Wu-Ching sedang berjalan bersama.

Di sisi lainnya terpampang legenda dari Dinasti Tang di China, yaitu legenda 8 Dewa. Warna-warnanya cerah dan menyala membuat Wihara Dhaganun tampak cantik.

Selain itu, Anda  akan melihat dua patung singa yang seperti sedang menjaga pintu wihara. Beberapa langkah dari situ terdapat pintu dengan lukisan Dewa Penjaga dan akan terlihat pula tiang yang sedang dililit naga yang juga dalam bentuk ukiran.

Wihara Dhanagun yang sudah ada sejak sekitar 300 tahun lalu itu membuat Anda yang menyukai tempat wisata bersejarah, jangan sampai lupa mengunjungi tempat ini.

Apalagi pada 19 Februari 2019 akan di adakan Festival Cap Go Meh di wihara ini dengan tema Katumbri Street Festival yang sudah menjadi hiburan bagi masyarakat Kota Bogor dari berbagai suku, ras dan agama.  (Indah Permata Niska)

Sasksikan video pilihan di bawah ini :