Sukses

Hore, Bakal Ada Bus dari Stasiun Banjar ke Pantai Pangandaran

Sebelumnya, KA Pangandandaran dengan rute Gambir-Banjar resmi beroperasi sejak awal Januari 2019 dengan tarif promo yang berlaku hingga 28 Februari 2019.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah KA Pangandaran diluncurkan awal Januari 2019, kini para penumpang akan disiapkan fasilitas baru agar berwisata lebih nyaman. Fasilitas itu adalah feeder bus (bus pengumpan) untuk mengantarkan para turis ke Pantai Pangandaran, di Kabupaten Pangandaran.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat Dedi Taufik Kurohman mengaku telah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat terkait rencana tersebut. "Nanti akan ada bus yang direct dari (stasiun) Banjar ke Pangandaran," kata Taufik, di Gedung Sate Bandung, Senin (4/2/2019), dilansir Antara.

Dedi mengatakan penyediaan bus pengumpan itu adalah upaya pihaknya terkait rencana reaktivasi jalur kereta api dari Banjar ke Pangandaran oleh pemerintah pusat.

"Saya juga kemarin telah berkoordinasi dengan PT KAI agar dibuat konektivitas untuk itu, busnya (DAMRI) dan juga bisa dari PO yang lain. Kita dalam waktu dekat akan melakukan itu," kata dia.

Menurut Dedi, rencana penyediaan bus pengumpang di Stasiun Banjar tersebut bertujuan untuk memudahkan para wisatawan pengguna moda transportasi kereta api yang hendak berlibur ke Pangandaran. "Jadi ini pilihan, mau menggunakan kereta, jalan raya, bus atau lainnya," kata dia.

Dia mengungkapkan fasilitas itu saat ini sudah tersedia bagi wisatawan pengguna moda transportasi kereta api yang hendak berwisata ke Garut. "Di Stasiun Cibatu ada feeder bus untuk menuju kawasan wisata di Kabupaten Garut," ujar dia.

Lebih lanjut, ia mengatakan Pemerintah Provinsi Jawa Barat saat ini mencanangkan sektor pariwisata menjadi lokomotif ekonomi di wilayah ini. Salah satu kawasan pariwisata yang menjadi perhatian ialah Kabupaten Pangandaran.

"Seperti Pangandaran ingin ada semacam boulevard-nya, Pangandaran sendiri harus dikemas menjadi industri pariwisata. Dan kita harus lihat potensi lokal, potensi seniman dan budayawannya, kulinernya kita akan lihat semua itu, kemudian juga infrastrukturnya akan dibikin," kata Dedi.

Ohya, promo tiket KA Pangandaran diperpanjang dari hanya 31 Januari 2019 menjadi 28 Februari 2019. Jadi, kapan lagi berwisata ke Pangandaran naik kereta api?

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.