Sukses

Masuki Tahun Babi Tanah, Lukisan Ini Sebaiknya Tak Dipajang di Rumah

Ternyata, lukisan dengan desain berikut harus dihindari untuk diletakkan di rumah tinggal menurut fengshui.

Liputan6.com, Jakarta - Konsep hingga penempatan dekorasi sangat berpengaruh pada tampilan hunian. Salah satunya adalah pemilihan desain lukisan yang ternyata memiliki energi kurang baik berdasarkan fengshui.

Jenie Fengshui, seorang ahli fengshui sekaligus arsitektur menjelaskan bahwa 2019 lebih bagus untuk menghadirkan unsur kayu. Hal ini bertujuan agar keluarga di dalam rumah tetap bisa kreatif dan berkembang.

"Kebanyakan sekarang nuansa kering karena bekas peninggalan tahun Anjing Tanah (2018) membawa unsur kering tanah, nggak ada air. Untuk menyeimbangkan itu harus ada unsur kayu. Kayu adalah elemen tanaman desain lukisan," kata Jenie saat ditemui di kawasan Thamrin, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Lantas, desain lukisan apa yang harus dihindari untuk rumah? Jenie menekankan jangan sampai ada penggunaan desain lukisan pasar. Pasalnya, setelah bekas dari tahun Anjing Tahun di 2018 terdapat banyak masalah keluarga.

"Nah, tahun ini desain pasar nggak bagus, padahal secara art nilanya tinggi karena banyak orang, keramaian, banyak warna padahal berdasarkan fengshui pasar nggak bagus," tambahnya.

Bukan tanpa alasan, lukisan desain pasar berdasarkan fengshui sebisa mungkin dihindari karena lebih merujuk pada keadaan dan suasana pasar yang ramai dan kacau. Pelukis saat melukis, sambung dia, pasti akan membayangkan beragam elemen, seperti ada banyak orang dan transaksi jual beli. 

"Tapi di pasar suasananya riweh, kacau kalau kita menghadirkan energi kacau apa yang digambarkan oleh pelukis terekam dari lukisannya," ungkap Jenie.

"Dalam keluarga jadi kacau banyak orang-orang yang keluar masuk, nggak jelas, auranya di pasar kadang-kadang terjadi transaksi kotor, becek. Lukisan pasar nggak cocok untuk di rumah, apalagi di ruang keluarga," imbuhnya.

Ia pun memberikan beberapa saran terkait penempatan desain lukisan yang tepat dalam sebuah hunian, mulai dari segala sesuatu yang bernuansa kesejukan hingga sentuhan kayu.

"Kalau saya cenderung lukisan alam, panen padi, ikan simbolnya suasana kesejukan, lukisan gunung juga boleh. Asal gunungnya ada sawah dan tanaman, yang bagus ada unsur kayu alam," tutur sang ahli fengshui.

"Kalau punya lukisan pasar, jangan menaruh di rumah bahkan di kantor, letakkan di rumah hobi saja," tambahnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.