Sukses

Fakta Spaghetti Bolognese, Makanan yang Ternyata Bukan Asli Italia

Sebagian orang Italia mengklaim bahwa Spaghetti Bolognese bukan merupakan hidangan asli Italia.

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tak kenal dengan spaghetti, kudapan terkenal yang disebut-sebut asal Italia ini memang telah mendunia. Spaghetti juga menjadi salah satu makanan favorit di Indonesia. Mungkin Anda adalah salah satu penggemar spaghetti.

Spaghetti merupakan salah satu dari varian pasta yang memiliki bentuk silinder tipis dan padat yang terbuat dari olahan gandum. Spaghetti telah menjadi makanan pokok tradisional penduduk Italia.

Bicara soal menu spaghetti, Anda pasti mengenal nama spaghetti Bolognese. Spaghetti Bolognese adalah salah satu varian spaghetti yang mendunia hingga saat ini. Spaghetti Bolognese telah menjadi makanan favorit bagi masyarakat Eropa dan Amerika. Tercatat Spaghetti Bolognese menduduki peringkat ketiga sebagai hidangan populer yang sering dikonsumsi orang di Jerman.

Namun, sebagian orang Italia mengklaim bahwa Spaghetti Bolognese bukan merupakan hidangan asli Italia. Spaghetti Bolognese merupakan gubahan dari resep ragù alla Bolognese yang sudah ada sebelum Spaghetti Bolognese lahir. Berikut fakta menarik seputar Spaghetti Bolognese yang berhasil Liputan6.com lansir dari Lifegate, Minggu (3/2/1019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Popularitas Spaghetti Bolognese

Spaghetti Bolognese adalah hidangan pasta yang biasanya disajikan dan telah populer di luar Italia seperti di penjuru Eropa, Amerika Utara, Brasil, Australia dan Selandia Baru.

Spaghetti Bolognese terdiri dari spaghetti yang disajikan dengan saus Bolognese yang terbuat dari tomat, daging sapi cincang, bawang putih, anggur dan rempah-rempah lainnya. Terkadang daging sapi cincang bisa diganti dengan daging cincang lainnya.

Seperti dikutip dari Lifegate, Menurut Henry Dimbleby, salah satu pendiri jaringan usaha makanan cepat saji di Inggris, "Pasta bolognese sekarang merupakan hidangan paling populer kedua yang disajikan di rumah-rumah di Inggris Raya," ungkapnya.

Meskipun populer sebagai makanan Italia, sesungguhnya hidangan ini bukan bagian dari masakan tradisional Bologna atau Italia.

3 dari 6 halaman

Asal-usul Spaghetti Bolognese

Asal-usul Spaghetti Bolognese tidak begitu jelas dan sulit terlacak sejarahnya. Tetapi dipercaya Spaghetti Bolognese merupakan bentuk evolusi rakyat Italia yang melakukan migrasi dari Italia Selatan ke Amerika Serikat pada abad ke 20. Spaghetti Bolognese dipercaya sebagai versi hybrid ragù alla Bolognese.

Banyak orang Italia yang mengklaim bahwa Spaghetti Bolognese bukan kudapan asli Italia melainkan merupakan gubahan resep dari ragù alla Bolognese. Bahkan ada beberapa turis yang memesan hidangan ini di Italia, namun orang Italia sendiri tidak mengenali adanya resep tersebut.

4 dari 6 halaman

Ragù Alla Bolognese

Di Italia sendiri Spaghetti Bolognese tidak begitu populer keberadaannya. Orang Italia lebih mengenal olahan Ragù alla Bolognese.

Ragù adalah istilah umum yang digunakan untuk menyebut saus daging yang dimasak dengan api kecil selama berjam-jam. Ragù sendiri diciptakan oleh Alberto Alvisi pada abad ke-18.

Setiap ragù terdiri dari banyak bahan yang bervariasi sesuai dengan masing-masing wilayah yang membuatnya. Ragù 'alla bolognese' hanyalah satu dari banyak varian ragù yang dihidangkan di Italia.

Nama Bolognese sendiri merujuk pada salah satu daerah di Italia Utara bernama Bologna di mana saus ini menjadi hidangan tradisional sejak jaman dahulu.

Ragù alla Bolognese yang merupakan makanan tradisional masyarakat Bologna, Italia ini biasa disajikan dengan Tagliatelle, sejenis pasta berbentuk pipih lebar mirip pita. Orang Italia sendiri tidak pernah menyajikan Ragù alla Bolognese dengan pasta jenis spaghetti seperti yang populer pada saat ini. Ragù alla Bolognese sendiri tidak begitu populer di industri kuliner dunia.

Namun dengan populernya Spaghetti Bolognese, membuat kota Bologna dikenal dunia sebagai tempat asal Spaghetti Bolognese sendiri.

5 dari 6 halaman

Pengolahan Ragù alla Bolognese

Cara membuat Bolognese ragù dimulai dengan membuat sofrito, yang merupakan campuran wortel, seledri, dan bawang yang dicincang dan ditumis dengan sedikit minyak zaitun dan mentega.

Lalu potongan besar daging sapi kemudian dibakar dengan api besar untuk mengekstraksi jus yang kemudian ditambahkan ke sofrito. Kemudian anggur putih ditambahkan untuk meningkatkan rasa daging. Setelah itu, semuanya dibiarkan mendidih selama berjam-jam, sampai daging mulai berantakan dan memiliki tekstur seperti saus.

Saus inilah yang digunakan untuk menghidangkan pasta Tagliatelle yang menjadi salah satu makanan tradisional masyarakat Bologna. Bentuk Tagliatelle yang pipih dan lebar cocok dihidangkan bersama saus Bolognese.

6 dari 6 halaman

Bologna Dikenal Sebagai Penghasil Spaghetti Bolognese

Menurut Lepore Matteo, anggota dewan di Bologna, kota ini bermaksud untuk menggunakan mitos palsu seputar asal-usul Spaghetti Bolognese untuk keuntungan mereka, seperti menggunakannya untuk menghubungkan duta besar Bologna di luar negeri.

Lepore menambahkan bahwa mereka juga dapat memanfaatkan bahan-bahan yang mungkin benar-benar berasal dari Bologna, meskipun produk seperti itu tidak banyak membantu mempromosikan Bologna.

Spaghetti Bolognese telah memiliki andil banyak terhadap popularitas Kota Bologna. Sementara masakan khas Italia ini terus menarik perhatian dari seluruh penjuru dunia, asal-usul Spaghetti Bolognese masih tetap menjadi misteri.

Namun terlepas dari segala kontroversi asal-usulnya, Spaghetti Bolognese adalah salah satu bentuk kreasi masakan yang melibatkan pengaruh budaya dengan ide-ide dan inspirasi baru manusia saat ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.