Sukses

Cerita Lukisan Amatir yang Malah Jadi Sensasi di Media Sosial

Kisah di balik potret ibu asal Florida, Amerika Serikat, memegang lukisan amatir karyanya yang berujung viral di media sosial.

Liputan6.com, Jakarta - Matthew Decker tak menyangka unggahan di akun Reddit-nya bakal berujung sensasi di media sosial. Potret yang akhirnya viral itu memperlihatkan ibu Matthew, Cindi Decker, memegang hasil lukisan berupa egret yang dibuatnya di kelas melukis.

"Ibuku melukis ini dan mengatakan kalau tidak akan ada orang yang akan menyukainya. Ini adalah lukisan keduanya," tulis Matthew di keterangan foto. Baru beberapa jam setelah diunggah pada Jumat sore, 15 Januari 2019, waktu Florida, Amerika Serikat, secara mengejutkan, potret tersebut malah mendapat sambutan hangat dari warga net.

Sensasi ini diperpanjang keesokan harinya setelah seniman asal Swedia, Kristoffer Zetterstrand, melihat unggahan tersebut dan memutuskan untuk melukis foto Matthew yang memperihatkan sang ibu memegang lukisan amatir tersebut. "Aku melukis ibu seseorang," tulis Kistoffer mengunggah foto dirinya memegang lukisan karyanya.

Belum berhenti di situ, dilansir dari Washington Post, Sabtu (2/2/2019), dua hari setelahnya, seorang mahasiswa jurusan Jurnalis di Kanada, Laila Amer, melukis gambar Kristoffer memegang lukisan karyanya.

Pose serupa pun diunggah Laila dengan menyertakan keterangan foto, "Aku menggambar lelaki yang menggambar ibu seseorang.". Dari situ, gambar-gambar dengan format serupa terus bermunculan dan memenuhi laman Reddit.

Hanya berjarak beberapa hari dari unggahan Laila, sudah banyak sekali lapisan dalam lukisan tak sedikit orang. Sampai-sampai hasil lukisan Cindi tampak kecil, malah cederung sulit terlihat.

"Aku tadinya sangat takut bakal membaca banyak komentar negatif. Namun, kalian semua membuktikan bahwa aku salah. Kalian sangat peduli dan memberi kebahagiaan luar biasa. Terima kasih, Kalian semua malah menginspirasku," tulis Cindi di akun Reddit pribadinya. 

Cindi dan Kristoffer pun sudah berkomunikasi. Sang seniman memberikan lukisan yang dibuat pada Cindi. Sebagai ganti, ibu dari Matthew itu merajut topi untuk Kristoffer persis seperti yang ada di lukisan.

"Banyak orang yang sudah begitu baik. Mereka meminta untuk dikabari tentang lukisan terbaruku dan meminta aku mengunggahnya,"kata Cindi. Tengah jadi sensasi media sosial, Cindi mengaku tak akan berlaku demikian dan memanfaatkan momen ini.

 

Ssksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.