Gadis Pembawa Botol Air Mineral Saat Golden Globes 2019 Ajukan Gugatan Hukum

Oleh Dinny Mutiah pada 01 Feb 2019, 14:00 WIB
Diperbarui 01 Feb 2019, 14:00 WIB
Kelleth Cuthbert
Perbesar
Kelleth Cuthbert, Fiji Water Girl yang viral di red carpet Golden Globe Awards 2019. (dok. Instagram @kellethcuthbert/https://www.instagram.com/p/BsUJfMbn3cS/Putu Elmira)

Liputan6.com, Jakarta - Masih ingat gadis pembawa air mineral yang kedapatan berpose di sejumlah foto figur publik di karpet merah Golden Globes 2019? Kabar mengejutkan kembali dibawa Kellen Cuthbert, nama gadis tersebut, karena ia menggugat Fiji Water.

Gadis berambut cokelat itu menganggap Fiji Water Company and The Wonderful Company telah membuat kampanye pemasaran tanpa izin setelah wajahnya viral di antara foto-foto para tamu Golden Globes.

Dilansir laman Elle.com dari The Blast, Jumat (1/2/2019), Cuthbert telah mendaftarkan gugatan bahwa Fiji Water dengan sengaja membuat potongan gambarnya untuk digunakan dalam promosi bentuk karton yang telah berlangsung sejak sehari setelah acara Golden Globes berlangsung.

Dalam dokumen tersebut, Cuthbert juga mengklaim, Fiji Water coba menyogoknya dengan 'hadiah' agar ia menyerahkan hak-haknya dan menekan membuat rekaman video berisi penandatangan sebuah dokumen palsu, seolah-olah dia meneken kontrak untuk menjadi Duta Fiji Water.

Perempuan itu kemudian merobek dokumen tersebut dan menyatakan tidak ada kesepakatan dengan Fiji untuk menggunakan foto-fotonya. Ia bahkan menilai hal itu merusaknya dan untuk itu,  Cuthbert meminta perusahaan air mineral tersebut berhenti menggunakan potongan karton yang menampilkan gambar dirinya sesegera mungkin.

Terkait klaim tersebut, Fiji Water mengatakan gugatan itu sembrono. "Gugatan hukum itu sembrono dan sangat tak layak," demikian pernyataan tertulis yang disampaikan perusahaan itu pada Elle.com.

"Setelah momen social media tentang Golden Globes, kami menawarkan kesempatan yang murah hati pada Nona Cuthbert yang secara terang-terangan dilanggarnya. Kami yakin kami akan mengalahkannya di pengadilan. Sepanjang sejarah kami, kami punya reputasi luhur saat bekerja dengan talent," tambah mereka.

Cuthbert bukan orang pertama yang menyebut Fiji Water berpromosi tanpa izin. Aktris Jamie Lee Curtis juga membuat berita setelah menyatakan Fiji Water menggunakan fotonya di karpet merah Golden Globes tanpa izinnya. Ungkapan itu disampaikan melalui akun Instagram-nya.

"Saya secara khusus menjauh dari promosi terang-terangan yang dilakukan Fiji dan Moet di mana perempuan-perempuan muda dengan baki yang terisi barang-barang (botol minum) mereka berdiri di dekat area yang didesain untuk kamera," tulisnya.

Aku sadar mengapa fotografer bersiap di sana dan aku menjauh sambil mengatakan bahwa aku tak ingin melakukan iklan apapun. Sudut ini dengan jelas menunjukkan bahwa aku beranjak darinya agar ia tidak di belakangku, tetapi tetap saja itu terjadi," jelas aktris yang terlihat seperti ice queen di karpet merah Golden Globes 2019 tersebut..

Saksikan video pilihan berikut ini: