Sukses

3 Tips Mudah Mengurangi Pemakaian Plastik, Apa Saja?

Apa saja cara dan tips mudah untuk membantu Anda dapat mengurangi pemakaian plastik? Simak ulasan di bawah ini.

Liputan6.com, Jakarta - Sampah plastik kini merupakan isu yang menjadi perhatian khalayak luas. Binatang laut banyak yang ditemukan mati dalam keadaan mengenakan dan hal tersebut karena sampah plastik.

Fenomena ini lantas memunculkan deretan gerakan dan kampanye untuk diet plastik. Perlu diketahui, barang-barang sekali pakai yang terbuat dari plastik sulit didaur ulang. Sampah plastik akan mengancam ekosistem dan lingkungan.

Ada tiga tips muda agar Anda dapat mengurangi penggunaan plastik. Simak rangkuman selengkapnya seperti rangkuman Fimela.com di bawah ini:

1. Bawa Botol Sendiri

Membawa botol minum selama melakukan kegiatan di luar rumah akan menghindari Anda membeli minuman kemasan plastik sekali pakai. Tak hanya mengurangi sampah plastik, Anda juga dapat sedikit berhemat.

2. Hindari Sedotan Plastik

Sedotan plastik juga memiliki dampak negatif bagi ekosistem dan bumi. Selain membawa botol minum sendiri, Anda dapat mempertimbangkan untuk tidak menggunakan sedotan plastik atau dapat membeli sedotan logam.

3. Hindari Kemasan Plastik Saat Belanja

Saat berbelanja, usahakan untuk membawa tas bahan. Anda juga dapat memilih untuk tidak belanja sayur atau buah dalam kemasan plastik. Ini juga berlaku dengan alat makan plastik sekali pakai, selama masih ada pilihan untuk tidak memakai plastik, pilih opsi itu. (Fitri Andiani/Fimela.com)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.