Mengenal Tengku Hassanal, Putra Mahkota Sultan Pahang yang Baru Dilantik

Oleh Asnida Riani pada 01 Feb 2019, 01:00 WIB
Diperbarui 01 Feb 2019, 23:15 WIB
Tengku Hassanal

Liputan6.com, Jakarta - Al-Sultan Abdullah Ibni Sultan Ahmad Shah kini telah dilantik menjadi Yang Dipertuan Agong ke-16, pemimpin Malaysia yang baru. Pangkatnya yang semula merupakan Sultan Pahang kini dijalankan oleh putra mahkotanya, Panglima Besar Tengku Hassanal Ibrahim Alam Shah.

Dilansir dari malaymail.com, Tengku Hassanal kini bergelar Tengku Mahkota Pahang dan Gubernur Raja Pahang. Pelantikannya diadakan di Balairung Seri, Istana Abu Bakar, Pahang, Malaysia, Selasa, 29 Januari 2019.

Lahir sebagai putra tertua, ia merupakan anak kedua dari sembilan bersaudara, dilansir dari laman theroyalark.net. Tengku Hassanal memiliki kakak angkat, sementara kakak kandungnya yang juga lelaki meninggal saat lahir.

Usianya masih tergolong muda, sebab ia lahir pada 17 September 1995 di Hospital Tengku Ampuan Afzan (HTAA) Kuantan, Pahang. Tengku Hassanal merupakan anak Yang Dipertuan Agong ke-16 dengan istri pertamanya, Tunku Azizah Maimunah Iskandariah Ibni Alm. Sultan Iskandar yang kini bergelar Tengku Puan Pahang.

Tengku Hassnal menempuh pendidikannya di Inggris sejak 2006. Sebelumnya pada 2002, ia menempuh jenjang setara SD di Sekolah Kebangsaan Saint Thomas di Kuantan. Ia pun baru menyelesaikan pendidikannya pada 2018 kemarin dan memperoleh Sarjana Hubungan Internasional dari Geneva School of Diplomacy and International Relations di Swiss, dikutip dari laman berita Malaysia Sinar Harian.

Saat ini, ia sedang menempuh latihan tentara di Royal Military Academy Sandhurst, Inggris. Pendidikan tersebut berguna untuk melatih kemampuannya di bidang militer. Tengku Hassnal sedang menempuh pelatihan militer tersebut hingga akhir tahun ini.

Dilansir dari laman Malaysia glamlelaki.my, Tengku Hassnal memiliki hobi olahraga, terutama berkuda polo. Ia bahkan pernah bertanding kuda polo bersama Pangeran William dan Pangeran Harry dalam acara amal The Jerudong Park Polo Trophy di Inggris pada 25 Juni 2016. Tak hanya berkuda polo, Tengku Hassnal juga menyukai olahraga rugby, sepak bola, golf, memanah, dan permainan rakyat.

Kepribadian Tengku Hassnal sangatlah bersahaja. Kedua orangtuanya mendidiknya sehingga ia memiliki jiwa sosial yang dekat dengan rakyatnya walaupun ia merupakan putra mahkota. Yang Dipertuan Agong ke-16 berprinsip bahwa rakyat dan raja harus saling berbaur, sehingga muncullah istilah 'Raja dan Rakyat Berpisah Tiada'.

Tak hanya itu, Tengku Hassnal pernah terlihat sedang salat bersama rakyat Kuantan. Dari peristiwa tersebut, terlihat sifat rendah hati dan kesederhanaan sultan muda ini. Ia salat tanpa diiringi dengan pengawalan protokol.

Tengku Hassnal ternyata masih memiliki hubungan darah dengan keluarga kerajaan negara bagian Kesultanan Johor. Ibunya merupakan putri dari almarhum Sultan Iskandar dari Johor. Pamannya, Ibrahim Ismail merupakan Sultan Johor saat ini.

(Esther Novita Inochi)

Saksikan video pilihan di bawah ini: