Sukses

Cara Simpel Cuci Daging Ayam agar Bebas Bakteri

Tak hanya mengandalkan air, ada beberapa cara lain yang harus dilakukan untuk membuat daging ayam bebas dari bakteri.

Liputan6.com, Jakarta - Dari beberapa, ayam adalah salah satu bahan masakan yang tidak asing bagi kebanyakan orang. Tekstur daging yang familiar membuatnya jadi lebih mudah diolah ke banyak masakan dengan ragam cita rasa.

Saat mentah, daging ayam mengandung banyak bakteri seperti Salmonella, E. Coli, Enterokokus, dan Campylobacter. Karenanya, sebelum dimasak, daging ayam harus benar-benar dibersihkan dengan baik.

Sebenarnya tidak perlu menggunakan air karena semua bakteri akan mati saat proses memasak. Namun, beberapa orang merasa ayam belum bersih jika belum dicuci. Jika demikian, sebaiknya rendam dulu daging ayam dengan air hangat selama 10-15 menit, lalu bilas daging dengan air mengalir.

Cara lain yang bisa digunakan adalah dengan menyiram daging ayam dengan cuka atau lemon untuk mengurangi kandungan bakteri. Kemudian, diamkan selama beberapa saat dan bilas dengan air mengalir.

Agar bakteri benar-benar hilang, pastikan memasak daging ayam dengan matang. Jangan sampai ada bagian yang masih berwarna merah muda. Itu merupakan indikasi daging ayam baru setengah matang dan bakteri-bakteri di dalamnya belum mati. (Ivana Okta/Fimela.com)

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.