Sukses

5 Kota Wisata yang Patut Dijajal Tahun Ini, dari Siem Reap hingga Cairns

Liputan6.com, Jakarta - Mempersiapkan liburan tahunan seringkali bukan perkara mudah. Salah satunya menentukan destinasi wisata yang dituju, apalagi sejumlah tempat wisata baru bermunculan seiring peluang bisnis yang menjanjikan.

Di antara sederet pilihan, Anda mungkin tertarik dengan rekomendasi destinasi wisata yang disusun oleh Silk Air, maskapai penerbangan regional dari Singapore Airlines. Berikut rangkumannya dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com.

Siem Reap, Komboja

Hanya berjarak lebih kurang 5 jam perjalanan, Anda dapat menikmati perjalanan ke salah satu destinasi elok di Kamboja, Siem Reap, bersama SilkAir mulai dari Rp 4.650.000 untuk tiket pulang pergi. Siem Reap merupakan destinasi wisata yang sarat dengan sejarah karena merupakan lokasi Situs Warisan Dunia UNESCO, Angkor Wat, yang dibangun pada 1112 – 1152 oleh Kaisar Suryavarman II.

Ketika mengunjungi Angkor Wat, wisatawan akan dimanjakan dengan keindahan kuil yang membentang sepanjang 400 kilometer persegi dan dipenuhi dengan ukiran relief yang menceritakan sejarah dan mitologi Hindu-Buddha. Untuk mendapatkan foto menarik, wisatawan dapat mengunjungi kuil Angkor Wat saat matahari terbit.

Siem Reap juga menawarkan desa apung di Kampong Khleang untuk melihat secara langsung aktivitas warga setempat, mencoba merajut sutra, menonton pertunjukan Phare the Cambodian Circus yang semarak, dan mencicipi hidangan unik ayam panggang ‘Khmer’ dan ‘lok lak’.

Singapura

Negara Singa dapat ditempuh hanya dua jam perjalanan dari Indonesia. SilkAir menawarkan penerbangan dari Indonesia menuju Singapura dengan harga mulai dari Rp 1.400.000 untuk tiket pulang pergi.

Beragam tempat-tempat wisata menarik untuk dikunjungi, seperti Museum Galeri Nasional (National Gallery Museum), Jembatan Henderson dalam bentuk gelombang, dan Universal Studios.

Selain itu, perpaduan keberagaman budaya Melayu, China, dan India menghasilkan keunikan di satu sisi, beragam restoran berbintang Michelin yang menyajikan mulai dari makanan Jepang hingga Prancis. Di sisi lain, jajanan tradisional lokal yang menciptakan hidangan penuh rasa dengan harga terjangkau sepert laksa, roti prata, dan nasi lemak tersedia dan tentunya halal.

 

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hiroshima, Jepang

Kota metropolitan Hiroshima yang terletak di bagian barat daya Jepang menawarkan beragam ciri khas lokal serta tempat bersejarah. Mulai dari Rp 5.200.000, wisatawan dapat terbang dari Indonesia ke Jepang untuk mengunjungi taman bersejarah, yakni Peace Memorial Park dan kekayaan arsitektur Hiroshima yang terletak di laut, Kuil Itsukushima di Pulau Miyajima.

Selain itu, kenikmatan lokal yang unik adalah tiram yang ditanam secara lokal dan hidangan Okonomiyaki yang menggiurkan. Manajer untuk SilkAir di Chugoku, Hiroshima, Akiyuki Miyazaki menyatakan banyak pilihan halal bagi wisatawan Muslim.

Chengdu, Cina

Untuk keluarga yang ingin menghabiskan waktu bersama, perjalanan ke Chengdu, Cina menawarkan aktivitas kelompok yang intim namun juga menarik. Mulai dari harga Rp 4.300.000 pulang pergi, dan dalam kurang lebih 6,5 jam penerbangan, para wisatawan bisa berwisata ke Chengdu dengan SilkAir melalui Bandara Internasional Changi di Singapura.

Pada saat kedatangan, aktivitas terkenal seperti mengunjungi Kawasan Panda di Chengdu untuk melihat kehidupan hewan yang melambangkan kedamaian namun terancam punah tersebut, tur melihat salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO yang berupa patung raksasa setinggi 71 meter dengan nama Leshan Buddha serta menjelajahi kuil Buddha terkemuka Biara Wenshu Yuan.

Selain itu, makanan khas Sichuan sangat menarik bagi orang dewasa dan juga anak-anak dengan hidangan seperti hot pot, ayam Kung Pao, dan tahu Ma Po.

3 dari 3 halaman

Cairns, Australia

Wisatawan yang ingin berpetualang di bawah sinar matahari dapat mengunjungi Cairns dengan penerbangan SilkAir mulai dari harga Rp 5.940.000 untuk pulang pergi.

Apabila Anda seorang penyelam berpengalaman atau wisatawan yang lebih menyukai berjemur di pantai, Great Barrier Reef merupakan pemandangan yang sangat indah. Terletak di lepas pantai Queensland, Great Barrier Reef merupakan terumbu karang terbesar di dunia yang membentang lebih dari 2.300 kilometer.

Selain pantai, para wisatawan dapat mendaki ke puncak Gunung Walsh dalam waktu 2 hingga 4 jam, untuk menikmati pemandangan Cairns secara 360 derajat serta hutan yang mengelilinginya. Atau, anda bisa mengunjungi air terjun Crystal Cascades yang terletak hanya 20 menit dari pusat kota Cairns.

Berbagai satwa liar langka, seperti buaya Estuarine dan burung kasuari juga dapat ditemukan 2 jam dari Cairns di Taman Nasional Daintree, salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO.

Asisten Administrasi untuk SilkAir di Cairns, Australia, Hariana Woodward menyebutkan, "Ada banyak hal yang dapat dilakukan di Cairns! Wisatawan umumnya senang melakukan kegiatan seperti lompat batu di air terjun Stoney Kreek, berenang di laguna atau mengunjungi taman Koala."

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.