Dilecehkan Pria Bermobil, Tubuh Kevin Liliana Sampai Gemetar

Oleh Dinny Mutiah pada 31 Jan 2019, 10:30 WIB
Kevin Liliana

Liputan6.com, Jakarta - Puteri Indonesia Lingkungan 2017, Kevin Liliana, baru-baru ini mengalami perlakuan tak mengenakan. Ia dilecehkan pria botak yang memasang muka seolah-olah hendak mencium Miss International 2017 ini dengan mata terpejam dari dalam mobil.

Pelecehan itu terjadi di lingkungan apartemen tempat Kevin tinggal, saat ia menunggu taksi. Menurut perempuan asal Bandung itu, saat kejadian seorang satpam menyaksikannya, tapi tak berbuat apa-apa. Saking kesal dan marahnya, badannya gemetaran saat mengunggah kisah tersebut ke Instatory maupun feed akun Instagramnya @kevinlln.

"Hari ini aku merasa dilecehkan ketika sedang berjalan di lingkungan apartemenku, ada mobil yang dikendarai seorang bapak dan dengan percaya dirinya dia mengklakson sambil pasang muka mau nyium nyium sambil merem. Sanggup gak bayanginnya???" tulis Kevin, Rabu, 30 Januari 2019.

Ia sempat memotret mobil yang diduga milik pria botak itu dan mengunggahnya di Instatory. Sebelum itu, ia sempat meneriaki si peleceh dengan mengatakan tak sopan. Ia bahkan mendekati mobil tersebut sambil mengetuk kaca dan meminta si sopir turun.

"Dia cuma diem pura-pura ga liat," tulisnya.

Kevin menyebut penampilannya sore itu sangat formal. Ia mengenakan kemeja lengan panjang dan rok selutut, sehingga semestinya tak menarik perhatian orang. Nyatanya, ia malah menjadi korban cat calling.

Catcalling alias panggilan atau siulan nakal, ujar dia, sering diterimanya. Yang paling ringan adalah dipanggil 'neng', tapi yang terparah adalah kejadian yang baru dilaluinya.

"Dari dulu aku selalu ngomong, 'apaan sih ga sopan!'" tulisnya.

 

 

2 of 2

Hak untuk Melawan

[Bintang] Kevin Liliana
Perempuan yang belum lama ini menyabet gelar Miss Intrnasional 2017, Kevin Liliana menceritakan perjuangannya saat hingga menyabet gelar yang jadi rebutan banyak perempuan dari berbagai dunia tersebut. (Nurwahyunan/Bintang.com)

Kevin mengingatkan agar setiap orang yang merasa dilecehkan dengan perilaku cat calling atau godaan jalanan untuk tidak diam dan takut, tetapi melawan. Apalagi, korban tidak merasa memancing orang untuk melecehkan. "Karena kita punya hak untuk melawan!" ucapnya.

Ia juga mengimbau agar orang-orang yang menyaksikan tindakan tersebut, untuk membantu para korban. Ia mengingatkan tindakan tersebut adalah hal yang sangat mengganggu dan tidak beretika.

Peringatan yang sama juga ditujukan kepada orang-orang yang suka iseng menggoda orang dengan tindakan tak etis. Ia menyebut hal itu bukan persoalan sepele karena stiap manusia yang berakal sehat, pasti ingin dihargai, bukan dilecehkan.

"Dan untuk kalian yang SUKA ISENG godain meskipun tidak bermaksud untuk catcalling, ingat bahwa itu adalah hal yang menganggu dan tidak menguntungkan kalian sama sekali. Malah bisa jadi menimbulkan masalah," tulisnya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓