Sukses

6 Spot Wisata di Indonesia Ini Dimitoskan Bikin Hubunganmu Kandas

Meluangkan waktu untuk berwisata dapat membantu kamu menjadi fresh kembali untuk menghadapi hari esok.

Liputan6.com, Jakarta Pergi berwisata merupakan salah satu cara untuk menghilangkan stres atau penat dari banyaknya kegiatan yang sudah dilalui. Jadi nggak heran, kalau berwisata menjadi salah satu kebutuhan pokok di masa sekarang ini. Meluangkan waktu untuk berwisata dapat membantu kamu menjadi fresh kembali untuk menghadapi hari esok.

Nah, di Indonesia sendiri banyak sekali tempat yang bisa dijadikan untuk melepas penat. Tapi nggak jarang juga nih, tempat wisata yang ada di Indonesia tak terlepas dari yang namanya mitos-mitos. Hal ini membuat orang-orang menjadi berpikir ulang untuk mengunjungi tempat wisata tersebut, apalagi jika pergi bersama pasangan.

Namun, nggak semua orang berpikiran seperti itu. Semua itu tergantung dari kepercayaan dan pandangan masing-masing orang. Nah tahu nggak, kalau beberapa tempat wisata di Indonesia ini ternyata memiliki mitos yang bisa membuat hubungan yang telah terjalin bisa menjadi kandas? Ya, mitosnya beberapa tempat ini jika dikunjungi bersama pasangan malah bikin hubunganmu kandas.

Penasaran di mana sajakah tempat itu? Berikut beberapa tempat wisata dengan mitos yang dipercaya bisa membuat hubunganmu kandas seperti Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (30/1/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Candi Prambanan

Awalnya, mitos ini dimulai dari kisah legenda Roro Jonggrang yang meminta candi dalam waktu semalam, kepada Bandung Bondowoso jika ingin meminangnya. Bandung Bondowoso pun menyanggupi permintaan tersebut dan minta bantuan banyak jin untuk melancarkan pembangunan seribu candi itu.

Namun, ternyata Roro Jonggrang mengkhianati perjanjian tersebut. Lantas Bandung Bondowoso pun marah besar dan mengutuk Roro Jonggrang menjadi pelengkap candi yang ke seribu. Ia juga mengutuk semua gadis yang membantu Roro Jonggrang akan menikah di usia lanjut.

Legenda ini kemudian berkembang menjadi mitos, yang menyatakan bahwa setiap pasangan kekasih yang datang ke Candi Prambanan akan dikutuk hubungannya dan putus.

3 dari 7 halaman

2. Grajagan Nglirib, Tuban

Air terjun Nglirip atau lebih dikenal Grajagan Nglirip ini berlokasi di Desa Mulyo Agung, Kecamatan Singgahan atau sekitar 38 km ke arah Barat dari Kota Tuban. Letaknya nggak jauh dari jalan raya yang sudah di aspal, sehingga nggak sulit untuk menuju lokasinya dengan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum.

Mitos yang dipercaya di sini adalah kalau sudah bosan dengan pasangan, kamu bisa membawanya ke Grajagan Nglirip ini. Niscaya beberapa hari kemudian kamu dan pasangan akan putus hubungan. Mitos itu akan lebih kuat lagi berpengaruh kepada pasangan yang akan menikah dan pasangan yang belum menikah tapi berciuman di tempat ini.

4 dari 7 halaman

3. Gunung Pegat, Wonogiri

Pegat dalam bahasa Jawa memiliki artian bercerai. Arti dari nama tempatnya saja sudah seperti itu, ya. Gunung yang terletak di Desa Ngadirayo, Kacamatan Nguntoronadi, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah ini memang aneh dan sudah terkenal sejak 1980. Karena ada jalan tembus yang memisahkan dua gunung yang saling berhubungan ini, maka penduduk setempat memberi julukan Gunung Pegat, yang artinya gunung cerai atau pisah.

Mitosnya, pada saat pasangan yang meninggalkan tempat ini biasanya dalam perjalanan mereka terlihat akan adu mulut yang berakhir dengan perpisahan. Hal itu terjadi karena, konon semua ini karena sifat usil dari penunggu Gunung Pegat yang bernama Mbah Glondor. Menurut cerita, Mbah Glondor ini tidak suka melihat pasangan yang baru saja menikah atau sedang kasmaran saat melintasi daerah kekuasaannya. Tapi ini tetap dengan kepercayaan masing-masing, ya.

5 dari 7 halaman

4. Kebun Raya, Bogor

Kebun Raya Bogor ini terletak di jantung Kota Bogor. Selain menjadi tempat wisata, tempat ini juga bisa dijadikan untuk belajar bagi anak tentang alam dan tumbuhan. Namun, siapa sangka di balik kesejukannya ini ternyata ada mitos.

Mitosnya, buat para pengunjung yang datang dalam kondisi masih lajang, dan duduk di bawah pohon, maka akan mendapatkan jodoh. Sebaliknya nih, kalau kamu datang dengan pasangan dan melewati jembatan merah, yang letaknya paling utara maka hubungan akan kandas.

6 dari 7 halaman

5. Tanjakan Cinta Gunung Semeru

Kamu yang suka naik gunung pasti sudah nggak asing kan dengan lokasi ini. Yap, lokasi ini merupakan tempat syuting film 5 Cm. Tanjakan cinta ini adalah nama sebuah tempat di Gunung Semeru. Tepatnya di bagian barat Ranu Kumbolo pada jalur pendakian menuju puncak Mahameru.

Legenda tempat ini, berawal dari dua sejoli yang sudah bertunangan, mendaki gunung Semeru bersama-sama. Saat melewati jalur ini, laki-laki tersebut sudah tiba di atas terlebih dahulu. Namun, sang perempuan yang kepayahan jatuh terguling dan meninggal dunia.

Muncul lah mitos, barang siapa yang bisa berjalan tanpa henti hingga ke atas bukit tanpa menoleh ke belakang, jika sedang pacaran maka akan berakhir bahagia. Namun, bila berhenti di tengah, maka hubungan akan putus.

7 dari 7 halaman

6. Tanah Lot, Bali

Tanah Lot merupakan salah satu tempat wisata terbaik di Bali. Tanah Lot sendiri merupakan tanah dengan pura yang berdiri di pinggir laut. Masyarakat Bali percaya dengan mitos bahwa, jika datang ke Pura Tanah Lot bersama pasangan, maka hubungannya akan kandas. Belum jelas bagaimana asal muasal dari keyakinan ini, namun pantangan ini sangat dipegang teguh oleh masyarakat Bali.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.