Sukses

Jangan Terlalu Lama Disimpan, Ketahui Masa Kedaluwarsa Makeup Anda

Hati-hati, make-up yang terlalu lama disimpan bisa menyebabkan infeksi.

Liputan6.com, Jakarta - Terkadang, kita pun pastinya punya kebiasaan menyimpan peralatan makeup. Bahkan makeup yang jarang diperlukan pun masih kita simpan hingga sekarang.

Dilansir dari makeup.com, Selasa, 29 Januari 2019, menyimpan peralatan makeup tidak selamanya membawa hasil yang baik. Sebaliknya, hal tersebut justru malah membahayakan penggunanya. Peralatan makeup tidak dibuat secara permanen, malahan akan kehilangan keefektifannya suatu saat.

Lebih parah lagi, ketika makeup sudah mencapai masa kedaluwarsa , bakteri bisa muncul di peralatan tersebut. Hasilnya, kulit kita bisa terkena infeksi. Berikut ini adalah panduan untuk Anda agar bisa mengetahui seberapa lama Anda harus menyimpan makeup Anda.

Maskara

Maskara harus diganti setiap tiga bulan sekali. Cairannya akan rentan terhadap bakteri bila sudah mencapai tanggal tersebut. Jangan teruskan penggunaannya apabila Anda tidak mau mata Anda menjadi korban infeksinya.

Eyeliner

Eyeliner cair sama rentannya dengan maskara, hanya saja, eyeliner cair bisa diganti tiap enam bulan sekali. Sedangkan eyeliner pensil bisa bertahan hingga dua tahun. Jangan lupa untuk terus menyerut eyeliner pensil Anda agar kesterilannya bisa terjaga.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Lipstik

Satu lipstik bisa bertahan hingga dua tahun, makanya lipstik sering disebut makeup jangka panjang. Tapi, buang lipstik Anda bila sudah kering atau warnanya sudah berubah.

Lip Gloss

Karena bahannya yang berbentuk cair mudah terkena bakteri, lipgloss harus diganti sesering mungkin daripada lipstik. Gantilah tiap 12 bulan atau lebih cepat ketika Anda menemukan bahan dalam kandungan lipgloss sudah berubah.

Concealer

Sama seperti eyeliner, ketahanan concealer pun bergantung pada bahannya. Bila concealer yang Anda punya merupakan tipe cair, gantilah setahun sekali. Sedangkan bila Anda memiliki concealer tipe bedak, Anda bisa menggantinya selama dua tahun sekali.

Foundation

Foundation cair bisa bertahan hingga satu tahun, tapi jangan anggap enteng hal ini. Periksalah foundation anda dan buanglah jika terdapat perubahan aroma, tekstur atau warna. Atau bila kulit Anda rentan berjerawat, gantilah tiap enam bulan sekali.

3 dari 3 halaman

Bedak, Blush-on, Bronzer, dan Eyeshadow

Kebersihan alat makeup ini tergantung pada kuas atau spons yang Anda pakai. Bila Anda merawat kuas dan spons Anda, dijamin peralatan makeup yang bertipe bedak ini bisa bertahan hingga beberapa tahun.

Dilansir dari laman qcmakeupacademy.com, eyeshadow yang berbentuk bedak bisa bertahan hingga 2 tahun, namun bila Anda memiliki bentuk krim, eyeshadow Anda hanya bisa bertahan hingga 1 tahun. Hal yang sama berlaku pula untuk blush-on Anda. (Esther Novita Inochi)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.