Sukses

Mandi dengan Air Dingin Dapat Membuat Tubuh Lebih Sehat?

Apakah mandi dengan menggunakan air dingin bisa membuat tubuh Anda menjadi lebih sehat? Simak ulasannya di bawah ini.

Liputan6.com, Jakarta - Mandi dengan menggunakan air hangat tentu menjadi pilihan yang sangat tepat saat cuaca dingin melanda di musim hujan. Tak hanya itu, mandi air hangat juga diketahui dapat membuat merelaksasi tubuh.

Namun tahukah Anda, mandi air hangat tidak lebih sehat dari pada mandi dengan air dingin. Bagaimana bisa? Melansir Women's Health USA, mandi air dingin disebut efektif untuk membangkitkan suasana hati atau mood dengan mengaktifkan hormon tertentu lewat efek hydrotherapy.

Saat tubuh tengah dilanda nyeri pada satu bagian akibat otot yang menegang, ternyata mandi air dingin dapat membantu meringankan hal tersebut. Siraman air dingin ke area nyeri saat mandi bakal memperlancar peredaran darah dan membantu memperbaiki kerusakan otot.

Seperti yang diketahui, mandi air hangat akan membuat kulit kering. Sedangkan mandi air dingin akan membuat tubuh lebih sehat. Dokter spesialis kecantikan, Neal Schultz, M.D., dilansir dari Women's Health USA menyebut mandi air dingin akan mengencangkan kulit.

Neal juga menyarankan untuk mencuci muka dengan air dingin. Hal ini dilakukan agar pori-pori lebih kecil, mengurangi sembap di area mata, hingga meredakan kemerahan.

Selain tubuh dan kulit wajah, kulit kepala juga dapat merasakan manfaat dari siraman air dingin. Seorang dermatologis bernama Julia Tzu mengungkapkan membilas rambut dengan air dingin usai memakai conditioner akan membuat rambu terlihat lebih berkilau. (Fitri Andiani/Fimela.com)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.