Sukses

Penampilan Ahok Saat Pakai Batik, Pakaian Favoritnya

Ahok menjadikan batik sebagai pakaian favoritnya. Dalam banyak kesempatan, Ahok terlihat sangat nyaman dengan batik.

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (BTP) atau Ahok akan bebas usai menjalani masa tahanan selama dua tahun di Rutan Mako Brimob, Depok, Jawa Barat, Kamis (24/1/2019).

Kabar bebasnya Ahok menjadi jadi perbincangan publik, tak terkecuali di dunia maya. Begitu juga tentang penampilan mantan Bupati Belitung Timur itu yang sering mengenakan batik dengan beragam warna dan corak, termasuk saat menghadiri persidangan kasus penodaan agama Islam.

"Baju batik adalah pakaian favorit BTP, karena bisa dipakai untuk menghadiri undangan hingga blusukan, bahkan bisa juga dipakai untuk acara-acara formal. #haribatiknasional," tulis akun @basukibtp, awal Oktober 2018 lalu.

Batik memang digemari di Indonesia, termasuk juga di luar negeri. Unesco telah menetapkan batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi sejak 2 Oktober 2009.

Berikut sederet potret Ahok saat mengenakan batik dalam berbagai kesempatan yang diunggah dalam akun @basukibtp. Dalam sebuah unggahnnya disebutkan pula bahwa, batik bukan sebatas seni mencanting, tetapi juga tentang kesabaran dalam proses pembuatannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menanam Pohon

Ahok mengenakan batik biru saat menanam pohon bersama Dubes Paivi untuk memeringati 100 tahun kemerdekaan Finlandia. "Kami berharap Indonesia bisa maju seperti Finlandia. Warganya bahagia, makmur, dan sistem pendidikannya kelas dunia," tulis Ahok dalam akun Instagram pribadinya, 5 Mei 2017.

Salami Warga

Ahok terlihat sedang menyalami warga saat blusukan. Foto tersebut diunggah pada 2 Oktober 2018 lalu oleh @timbtp.

Hadiri Acara

Ahok mengenakan batik biru dengan motif bunga dan daun saat tampil dalam sebuah acara. Foto itu diunggah oleh @timbtp saat Hari Batik 2017 lalu. "Selamat hari Batik. Memakai Batik sesering mungkin. Karena memakai kain yang bagus dan indonesia banget tidak perlu dipikir dua kali."

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.