Sukses

Agar Tetap Renyah dan Tak Lembek, Begini Cara Merebus Sayuran yang Benar

Ada cara untuk merebus sayuran agar tetap renyah dan tak lembek. Anda perlu menghindari merebus sayuran saat air belum mendidih.

Liputan6.com, Jakarta – Sayuran merupakan bahan makanan yang dibutuhkan tubuh karena kaya akan nutrisi. Supaya kandungan nutrisi di dalamnya tak hilang, ternyata merebus sayuran pun harus benar .

Di bawah tips yang bisa dicoba untuk merebus sayuran agar tetap hijau, segar, dan tak jadi kuning atau lembek.

Potong-potong dan cuci bersih semua sayuran. Rebus air sampai mendidih dan taburi sedikit garam. Rebus sayuran selama kurang lebih satu menit saja agar gizinya tetap terjaga.

Setelah itu, angkat dan masukkan sayuran ke dalam air es. Kemudian rendam sebentar dan tiriskan.

Cara ini akan membuat sayuran tetap renyah saat dimakan. Perlu diingat, satu hal yang paling penting adalah hindari merebus sayuran saat air belum mendidih.

Merebus sayuran saat air belum mendidih akan mengurangi kadar vitamin C , 10 hingga 12 kali lipat karena vitamin C dalam sayuran menguap. Selain itu, sayuran juga akan jadi lembek. (Ivana Okta/Fimela.com)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.