6 Makanan Pembawa Keberuntungan yang Harus Disantap Ketika Imlek

Oleh Komarudin pada 23 Jan 2019, 04:01 WIB
Ikan Kukus

Liputan6.com, Jakarta - Tahun Baru Imlek tinggal menghitung hari. Dalam waktu tersebut, pasti banyak hal yang dipersiapkan, mulai dari dekorasi rumah, makanan, pakaian, dan juga rute untuk mengunjungi sanak saudara beserta angpaonya.

Salah satu hal yang dipersiapkan adalah makanan. Saat Imlek, pastinya ada beberapa makanan yang wajib dihidangkan. Dilansir dari China Highlights, makanan yang dihidangkan ini bisa membawa keberuntungan di tahun yang baru karena ada simbol yang terkandung di dalamnya.

Makanan yang dihidangkan ini merupakan makanan tradisional Tiongkok yang ada tiap Tahun Baru Imlek. Makna dari makanan ini diambil berdasarkan pengucapannya dalam bahasa Mandarin ataupun penampilannya.

1. Ikan - Kelimpahan

Dalam bahasa Mandarin, pengucapan kata ikan (鱼 Yú) sama dengan kelimpahan. Orang Tiongkok umumnya memiliki keuntungan di akhir tahun, karena ketika mereka menabung di akhir tahun, mereka percaya keuntungan mereka bisa berlipat ganda di tahun berikutnya. Ketika Tahun Baru Imlek, ikan lebih umum dimasak dengan cara dikukus.

2. Pangsit - Kekayaan

Bermula lebih dari 1800 tahun yang lalu, pangsit saat ini lebih populer dimakan saat Tahun Baru Imlek. Semakin banyak pangsit yang dimakan, semakin banyak uang yang bisa di dapat di tahun yang baru.

Biasanya, pangsit ini berisi daging cincang dan sayuran yang sudah dipotong. Daging yang umum dipakai ialah potongan udang, ikan, ayam, sapi, dan juga sayuran. Pangsit bisa dimasak dengan cara direbus, dikukus, digoreng atau dipanggang.

 

2 of 3

Lumpia Goreng

Lumpia Goreng
Lumpia goreng harus dimasak hingga berwarna keemasan agar bisa mendapatkan maknanya. (dok. Instagram @ophieggy_23/https://www.instagram.com/p/BszZisahw42/Esther Novita Inochi)

3. Lumpia Goreng - Kekayaan

Lumpia goreng  adalah bagian dari makanan dimsum yang digulung dan diisi dengan sayuran, daging atau bahkan isian yang manis. Lumpia ini harus digoreng hingga berwarna kuning keemasan agar bisa mendapatkan makna kekayaannya. Warna yang sama seperti emas inilah letak makna kekayaannya.

4. Kue Beras - Pendapatan atau Jabatan yang Tinggi

Kue beras (年糕 Niángāo) dalam bahasa Mandarin bisa pula berarti 'menjadi lebih tinggi dari tahun ke tahun'. Lebih tinggi ini bisa dimaksudkan kesuksesan dalam bisnis, tinggi anak, nilai yang bagus dalam kuliah atau sekolah, promosi dunia kerja, dan lain-lain. Bagi orang Tiongkok, semakin tinggi mereka, semakin banyak peningkatan yang dibuat dalam hidup mereka.

 

 

3 of 3

Makanan yang Manis

Bola-bola beras manis
Bola-bola beras manis dikaitkan dengan kebersamaan dalam keluarga. (dok. Instagram @b00m90/https://www.instagram.com/p/BsiU2btAm5M/Esther Novita Inochi)

5. Bola-bola beras yang manis - Keluarga yang Harmonis

Pelafalan bola-bola beras manis (汤圆 Tāngyuán) dalam bahasa Mandarin sering dikaitkan dengan kebersamaan dan reuni. Karena itu, makanan ini digemari oleh orang Tiongkok kala Tahun Baru Imlek.

6. Buah-buahan - Kesempurnaan dan Kekayaan

Jangan asal memilih buah, tapi pilihlah buah yang umumnya berbentuk bulat dan berwarna keemasan. Contohnya adalah jeruk. Bentuknya yang bulat dan warnanya yang keemasan menyimbolkan kesempurnaan dan kekayaan. (Esther Novita Inochi)

Saksikan video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by