Mengenal Tradisi Imlek di Berbagai Negara

Oleh Putu Elmira pada 22 Jan 2019, 15:00 WIB
Berburu Pernak-pernik Menyambut Tahun Baru Imlek

Liputan6.com, Jakarta - Imlek semakin dekat. Menjelang perayaan di tahun Babi Tanah ini, euforianya kian terasa lewat antusiasme dan sederet persiapan yang telah dilakukan masyarakat di berbagai wilayah.

Tak hanya di Cina, perayaan ini juga disambut begitu meriah di negara lain, termasuk Indonesia. Yuk, mengenal tradisi Imlek yang diadakan di berbagai negara seperti dirangkum Cashbac di bawah ini.

1. Singapura

Sebagai negara yang memiliki ragam latar belakang budaya, termasuk Tionghoa, Singapura merayakan Imlek dengan begitu meriah. Ada banyak hiasan lampu di jalan dan setiap tahun diadakan pesta kembang api di beberapa kawasan.

Anda dapat menikmati ragam keseruan saat berkunjung ke Singapura saat Imlek. Sebut saja dengan menikmati kuliner, pertunjukan barongsai, hingga parade di jalan raya.

2. Australia

Tak hanya di kawasan negara Asia, Australia juga merayakan Imlek dengan penuh kemeriahan. Perayaan tersebut dapat dinikmati di Chinatown, Sydney yang dimulai sejak awal tahun hingga akhir Februari. Antusiasme lain juga tampak dari dekorasi serba merah sebagai warna khas tahun baru yang menghiasi jalanan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

2 of 2

3. Britania Raya

Berburu Pernak-pernik Menyambut Tahun Baru Imlek
Ragam pernak-pernik menyambut Imlek dijual di Pasar Pancoran Glodok, Tamansari, Jakarta, Minggu, (21/1). Warga keturunan Tionghoa mulai berburu pernak-pernik jelang Tahun Baru Imlek 2570 pada 5 Februari 2019. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Britania Raya juga ikut merayakan kemeriahan Imlek. Di sana parade dimulai di pusat kota London dengan ragam penampilan. Ada tarian, seni bela diri, hingga pertunjukan musik.

Anda juga dapat menikmati makanan khas Imlek yang disajikan di sederet restoran di sana. Barang-barang khas kerajinan Cina juga dijual di sekitar lokasi acara.

4. Hong Kong

Ada berbagai acara yang diselenggarakan saat Imlek di Hong Kong. Hampir seluruh kota dihiasi dekorasi Imlek. Parade budaya super meriah juga turut menyambut tahun baru. Di Hong Kong juga diadakan pesta kembang api yang wajib disaksikan.

5. Indonesia

Singkawang, kota yang terletak di Kalimantan Barat rutin merayakan Imlek karena sebagian besar warganya berdarah Tionghoa. Perade juga diadakan dengan menyajikan atraksi seperti barongsai, parade naga yang sangat panjang, hingga wisata kuliner.

Lanjutkan Membaca ↓