Cerita Akhir Pekan: 6 Pesohor yang Dikenal Sebagai Dermawan

Oleh Komarudin pada 20 Jan 2019, 10:00 WIB
[Bintang] Leonardo DiCaprio

Liputan6.com, Jakarta – Sejumlah pesohor memilih hidup sederhana, meski secara materi mereka memiliki kekayaan yang sangat besar. Mereka memahami kebahagiaan dengan cara berbagi dengan orang lain.

Ada yang mendermakan hartanya untuk beramal. Ada juga yang menyumbangkan kekayaannya untuk kepentingan lingkungan hidup, seperti dilakukan oleh Leonardo DiCaprio.

Cerita tentang sejumlah pesohor yang menyumbangkan hartanya untuk kepentingan banyak orang tentu menjadi inspirasi bagi banyak orang. Di tengah kehidupan para pesohor yang gemerlap, tapi ada juga yang memiliki perhatian terhadap hidup orang lain.

Berikut beberapa pesohor yang menjadi sorotan lantaran menyumbangkan kekayaan yang dimilikinya sebagai bentuk kepedulian bagi sesama. Hidup tentu akan lebih indah dengan bermurah hati dan saling mengasihi kepada sesama seperti yang dilakukan para selebriti berikut ini.

Leonardo DiCaprio

Peraih tiga kali piala Golden Globe dan pemenang Oscar 2016 ini memiliki kepedulian yang yang tinggi terhadap lingkungan hidup dan kemanusiaan. Ia menunjukkan penentangannya dengan perusahan energi, baik minyak, gas, maupun batubara. Kehancuran lingkungan akan berdampak besar pada manusia.

Ia sempat mengumumkan bahwa yayasannya, Leonardo DiCaprio Foundation, telah mengumpulkan dana hibah sebesar US$ 15 juta (Rp 207,7 miliar) untuk mendukung perlindungan lingkungan. Salah satu tujuan dana hibah ini adalah Sumatera, Indonesia senilai US$ 6,5 juta (Rp 90 miliar).

2 of 3

Harry Styles

[Bintang] Harry Styles
Smith pun mengatakan bahwa mungkin banyak yang tak menyangka akting Harry dalam film Dunkirk adalah pengalaman pertamanya. (ANGELA WEISS / AFP)

Penyanyi Harry Styles pun termasuk sosok dermawan. Ia sempat menyisihkan penghasilannya untuk disumbangkan 62 yayasan amal. Tak tanggung-tanggung, di akhir turnya pada pertengahan Juli 2018 lalu, personil One Direction ini berhasil mengumpulkan 1,2 juta dolar AS atau sekitar Rp17,3 miliar.

Sandra Bullock

Pemenang Oscar Sandra Bullock sempat menyumbang US$ 1 juta (Rp 8,7 miiar) untuk membantu korban bencana di Jepang. Selain itu, ia juga sempat mendermakan kekayaannya senilai US$ 1 juta atau setara Rp 13 milyar untuk korban banjir di Texas.

Chow Yun Fat

Chow Yun Fat dikenal sebagai salah satu pesohor dermawan. Ia disebut memiliki kekayaan sebesar HKD 5,6 miliar atau senilai Rp 10 triliun. Ia akan menyumbangkan semua hartanya ke badan amal. Ia beralasan uang tersebut bukan miliknya dan ingin menjadi orang yang bahagia dan hidup normal. Ia mengatakn meniru Bill Gates dan Warren Buffet yang menyumbangkan kekayaan mereka bagi masyarakat. 

3 of 3

Angelina Jolie

Angelina Jolie
Angelina Jolie (Luka GONZALES / AFP)

Wanita ini tak pernah berhenti melakukan tugas sosial. Sebagai salah satu utusan khusus badan PBB yang menangani pengungsi, UNHCR, Angelina Jolie tidak hanya memberikan tetes keringatnya, tapi juga harta kekayaannya. Artis peraih Oscar itu disebut-sebut telah menyumbangkan dana sebesar hampir Rp 1 miliar untuk pengungsi di wilayah Suriah.

Oprah Winfrey

Oprah Winfrey pun memiliki jiwa dermawan. Ia menyadari bahwa memiliki banyak uang adalah hal yang percuma apabila tidak bisa dibagikan pada orang yang membutuhkan. Alasan itu yang membuat presenter terkenal ini menyumbang sebagian besar uang yang dapat pada mereka yang membutuhkan.

Oprah Winfrey mendirikan sebuah yayasan dengan nama Oprah Winfrey Foundation, Sebanyak 40 juta USD ia sumbangkan pada yayasan tersebut untuk meningkatkan pendidikan dan kesehatan orang banyak, terutama wanita dan anak-anak di seluruh dunia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓