Menganalisis Alis, Bibir, dan Tangan dalam Debat Capres dan Cawapres

Oleh Komarudin pada 17 Jan 2019, 20:29 WIB
Diperbarui 17 Jan 2019, 21:17 WIB
Handoko Gani

Liputan6.com, Jakarta – Spesialis pendeteksi kebohongan Handoko Gani mengungkapkan, penampilan seseorang bisa dianalisis berdasarkan alis, bibir, dan tangan. Seorang yang memperlihatkan sedang melet, menandakan orang tersebut sedang gugup.

"Seseorang yang sedang gugup juga terlihat dari tangannya. Tangannya akan shaking. Seseorang yang awalnya tak memegang meja, kemudian memegang meja juga menandadakan orang tersebut sedang gugup," jelas Handoko saat menjadi bintang tamu Debat Capres dan Cawapres Pemilu 2019 di Indonesia, Jakarta, Kamis (17/1/2019).

Selain itu, Handoko juga mengungkapkan, seseorang yang tak nyaman dengan sebuah pertanyaan juga bisa terlihat dari tangannya. Jika seseorang yang awalnya tak memasukkan tangan ke kantong, kemudian memasukkan tangannya ke kantong juga menandakan orang tersebut sedang gugup.

Selain itu, seseorang yang alis matanya turun, meskipun sedikit pun mempunya arti tersendiri. Hal itu bisa diartikan adanya ketidaksukaan seseorang (marah). Namun pada beberapa orang, bisa terjadi bila ada salah satu saja alis matanya yang naik.

Menurut Handoko, selain dari alis mata, ketidaksukaan juga terlihat bibir. Bibir yang terkulum masuk, meskipun sedikit bisa diartikan ketidaksukaan atau marah.

Saksikan video pilihan di bawah ini: