14 Kata-kata Bijak Singkat Penuh Makna, Bisa untuk Motto Hidup

Oleh Liputan6.com pada 16 Jan 2019, 22:34 WIB
Diperbarui 25 Sep 2019, 15:41 WIB
Ilustrasi bahagia - stres (iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Hidup memang tidak selalu berjalan sesuai kemauan. Saat sudah membuat rencana A, ada saja masalah yang membuat pindah rencana B. Semua masalah yang mengganggu terkadang membuat kamu menganggap Tuhan tidak adil. Rasanya kamu ingin mengulang waktu dan memperbaiki keputusan yang kamu ambil sebelumnya.

Terkadang, kamu juga menganggap bahwa hidup orang lain terlihat lebih baik ketimbang hidupmu sendiri. Hal itulah yang membuat kepercayaan dirimu menyublim seperti kapur barus yang lama kelamaan habis. Meskipun demikian, merasa down ataupun kurang motivasi adalah hal yang wajar dialami manusia tanpa memperhatikan gender, karena hidup itu seperti roda yang berputar, kadang di atas dan kadang di bawah.

Oleh karena itu, jalani saja apa yang di hadapanmu karena badai tidak berlangsung selamanya. Ingat ya, Tuhan tidak memberi cobaan melebihi kemampuan umatnya. Untuk menambah motivasi, terkadang kita butuh masukan dari kata-kata bijak singkat penuh makna agar bisikan-bisikan negatif enggan mampir ke hidupmu.

Nah, agar bisa menghadapi hari-harimu dengan optimis, berikut Liputan6.com siapkan deretan kata-kata bijak singkat penuh makna yang dapat kamu gunakan untuk motto hidup, atau kamu bagikan untuk keluarga, sahabat, teman, atau pacar, Rabu (16/1/2019).

2 of 3

Kata-kata Bijak Singkat Penuh Makna

[Bintang] Ternyata Ada Kebaikan yang Datang Setelah Putus Cinta, Jadi Tak Usah Terlalu Stres Memikirkannya
Jutaan orang mengalami putus cinta dan hingga sekarang mereka buktinya bisa hidup bahagia. Jalan cinta memang seperti itu kawan! (Ilustrasi: www.freeandeasytraveler.com)

1. “Don't use the past as an excuse to miss out on your future.” (Alan Cohen Ogress)

Kata-kata bijak singkat yang pertama ini cocok untuk kamu yang masih terpaku dengan masa lalu. Apa yang terjadi di masa lalu jangan sampai membuatmu enggan untuk bangkit menghadapi masa depan. Gunakan masa lalu sebagai pembelajaran di masa depan agar dapat menjalani hidup lebih baik lagi.

2. “Jika hati kamu adalah gunung berapi, bagaimana mungkin kamu mengharapkan bunga untuk tumbuh mekar.” (Anonim)

Agar kamu bisa memiliki hari yang menyenangkan, mulailah dari rajin menyirami dirimu sendiri agar bisa menumbuhkan bunga. Karena gunung berapi yang panas serta gersang tidak akan mampu menuntunmu untuk berjalan di kebun berbunga.

3. “No sweet without sweat.” (Anonim)

Kata sweet dan sweat adalah dua hal yang berbeda tapi bisa mendukung satu sama lain. Intinya, jangan berharap kamu akan meraih hal-hal manis jika kamu tidak mau berkeringat untuk berlari mengejar impian manismu itu.

4. “Sebelum menjadi kupu-kupu yang indah, betapa banyak waktu yang harus dilaluinya dalam kepompong.” (Aiman Bagea)

Bahkan kupu-kupu yang indah pun punya masa lalu yang suram. Ketika ia dihalangi oleh kepompong, berubah menjadi ulat dengan bentuk yang aneh, kemudian bisa terbang dengan sayapnya yang indah yang memukau hati yang melihatnya.

5. “Sunsets are proof that endings can be beautiful.” (Buddha)

Setelah menyinari bumi dengan sinarnya yang benderang, saat hendak terbenam pun matahari tetap menunjukkan keindahannya kepada para pengisi bumi. Sehari tanpa sinar matahari pun, manusia pasti segera merindukan terangnya yang ia bagikan.

6. “Sehari selembar benang, lama-lama jadilah selembar kain” (Anonim)

Kata-kata berikut hampir sama dengan pepatah berakit-rakit ke hulu, berenang-renang ke tepian. Kain yang kamu pakai itu bukanlah apa-apa tanpa penjahitnya. Awalnya, dia hanyalah seuntai benang yang kurus, lemah tak berdaya. Namun dengan kasih sayang sang penjahit, kreasi untaian benang itu bisa kamu pakai untuk menghangatkan tubuhmu.

7. “Bila anda belum siap untuk bisa menerima kritikan, maka anda belum siap untuk dipuji.” (Anonim)

Setiap insan harus menerima kritikan yang dilontarkan seseorang, karenanya itu adalah tanda perhatian yang didapatkan agar potensi diri bisa berkembang.

3 of 3

Kata-kata Bijak Singkat Penuh Makna

Ilustrasi motivasi
Jalani hari bahagia dengan 7 motivasi ini

8. “Be loyal to yourself first.” (Kevin Gates)

Nggak usah lirik-lirik orang lain karena yang utama adalah mengembangkan kualitas dirimu sendiri. Dengan menghargai dirimu sendiri, kamu akan bisa menghargai orang lain.

9. “Kamu tahu? Skill terhebat dalam hidup adalah pantang menyerah.” (Bryant McGill)

Seperti lirik lagu “Hidup tiada mungkin tanpa perjuangan tanpa pengorbanan”, saat rasanya sulit untuk bangkit, ingat bahwa kamu punya dua kaki yang menopang satu sama lain.

10. "Just because you're correct does not mean that you're right." (Anonim)

Berkata sesuai kenyataan bukan berarti kamu sudah benar. Tidak semua orang memiliki pendapat yang sama. Maka, selalu koreksi diri, jangan mudah merasa puas, karena di atas langit masih ada langit.

11. “Kebencian adalah penyakit yang akan mematikan kebaikan.” (Anonim)

Jangan sirami hidupmu dengan kebencian karena itu adalah penyakit yang mematikan kebaikan. Obatilah dengan merasa cukup dan menerima keadaan, namun tetap mencoba berusaha yang terbaik agar tidak menyesal nantinya.

12. “Sebagian orang memimpikan sukses, sementara yang lainnya bangun dan kerja keras untuk sukses.” (Anonim)

Saat punya keinginan, jangan biarkan hasrat itu hanya mengendap dalam mimpi. Tapi bangun dan kejarlah agar tidak berakhir menjadi mimpi buruk.

13. “Suatu pekerjaan yang paling tak kunjung bisa diselesaikan adalah pekerjaan yang tak kunjung pernah dimulai.” (Anonim)

Jangan berharap pekerjaanmu akan selesai dengan sendirinya karena kamu bukanlah tumbuhan yang bisa menciptakan makanan sendiri. Maka segera selesaikan pekerjaanmu tanpa harus menunda-nunda.

14. “Failure is a bruise. Not a tattoo.” (Jon Sinclair)

Kegagalan bukanlah tato yang tidak bisa hilang. Kegagalan hanyalah sebuah luka memar yang akan sembuh bahkan bekasnya akan hilang jika diobati dengan usaha.

 

Reporter: Yunisda Dwi Saputri

Lanjutkan Membaca ↓