Sukses

Imlek Masih 3 Minggu Lagi, Kamar Hotel di Singkawang Nyaris Penuh

Tingkat hunian kamar di Singkawang jelang Imlek dan Cap Go Meh sudah mencapai 80 persen. Harga kamar pun sudah naik dua kali lipat.

Pontianak - Tingkat pemesanan kamar hotel di Kota Singkawang, saat ini sudah mencapai 80 persen. Padahal, perayaan Imlek dan Cap Go Meh di kota setempat masih tersisa tiga minggu lagi.

Kepala Bidang Pariwisata, Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kota Singkawang, Supardiyana mengatakan, dari 37 buah hotel yang ada di Kota Singkawang, saat ini pemesanan kamar sudah mencapai 80 persen atau mendekati penuh.

"Sementara kamar yang masih tersisa yakni Hotel Sahabat Baru, Hotel Singkawang, Hotel Palapa dan Hotel Bajau Beach," kata Supardiyana, Rabu (16/1/2019), dilansir Antara.

Menurutnya, ini masih merupakan data sementara yang masuk ke Disparpora Singkawang, mengingat perayaan Imlek dan Cap Go Meh masih tersisa tiga minggu lagi.

"Diprediksikan, mendekati perayaan itu, semua hotel yang ada di Kota Singkawang tidak bakal mampu menampung lonjakan pengunjung yang ingin menginap," ujarnya.

Maka itu, dia mengimbau kepada masyarakat Kota Singkawang, khususnya yang punya rumah dan masih memiliki kamar yang kosong bisa dijual untuk dijadikan homestay. "Mengenai tarif yang diberlakukan hendaknya disesuaikan dengan keadaan fasilitas yang ada," pintanya.

Untuk mengantisipasi lonjakan pengunjung di Kota Singkawang, pihaknya saat ini sedang mendata rumah-rumah kos maupun penduduk yang mau dijadikan homestay. "Jadi pendataan sedang berjalan," katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tarif Naik 2 Kali Lipat

Secara terpisah, Ketua PHRI Kota Singkawang, Mulyadi Qamal membenarkan, saat ini pemesanan kamar hotel sudah mencapai 80 persen. "Kebanyakan yang pesan dari travel," katanya.

Untuk tarif, dia mengimbau agar pengelola hotel tidak menaikkan semaunya sampai melebihi 100 persen. "Usahakan maksimal 100 persen," ujarnya.

Sementara itu, beberapa pengelola hotel yang ada di Kota Singkawang mengaku pemesanan kamar sudah hampir penuh jelang perayaan Imlek dan Cap Go Meh. GM Hotel Roban Inn Singkawang, Akiat mengatakan, saat ini sebagian kamarnya dari 30 kamar sudah dipesan oleh pengunjung.

"Sudah setengahnya dipesan," katanya.

Hanya saja untuk tarif pada perayaan itu, ada kenaikan dari hari biasanya. "Kenaikan bisa dua kali lipat dari hari biasa," ujarnya.

Hal senada juga diungkapkan GM Hotel Mandarin Kota Singkawang, Erik. Dia mengatakan, sebanyak 50 kamar yang dimilikinya saat ini sudah dipesan semua oleh pengunjung sejak Agustus 2018.

"Saat ini sudah full, pemesannya dari travel dan pengacara dari Surabaya," katanya. Untuk tarif, pihaknya menerapkan harga paket, mulai dari Rp 1 jutaan sampai Rp 2 jutaan untuk dua malam.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.