10 Kata-kata Penyemangat Hidup dari Novel dan Lirik Lagu yang Bisa Dijadikan Motivasi

Oleh Liputan6.com pada 15 Jan 2019, 20:07 WIB
Diperbarui 17 Jan 2019, 19:13 WIB
ilustrasi senang

Liputan6.com, Jakarta Terkadang kata-kata penyemangat hidup dapat memberi arti atau sebagai pendorong semangat seseorang untuk menjalani kehidupan. Kata-kata penyemangat hidup ini biasanya berisikan sebuah makna kehidupan dan perjuangan hidup yang dikemas ke dalam sebuah kata-kata bijak yang indah.

Kata-kata penyemangat hidup dapat kamu temukan pada selipan-selipan sebuah buku ataupun novel, yang biasanya berupa kutipan kata-kata motivasi. Kata-kata penyemangat hidup sendiri memiliki arti dan macam-macam topik di setiap kata yang terkandung di dalamnya.

Tak cuma dari novel saja, terkadang lirik lagu pun bisa mewakili perasaan kita. Ya, mulai dari perasaan cinta, sakit hati, kecewa atau pun merasa senang. Berikut kata-kata penyemangat hidup yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (15/1/2019).

2 of 3

Kata-kata Penyemangat Hidup dari Lirik Lagu

ilustrasi bahagia
ilustrasi bahagia (Sumber: Unsplash) / Ian Schneider

1. Ipang, Meraih Mimpi

Teruslah bermimpi, walau kenyataannya jauh berbeda. Percayalah, lelah ini hanya sebentar saja. Jangan menyerah, walaupun tak mudah meraihnya.

Mewujudkan impian memang sulit. Bahkan terkadang, kamu harus dihadapkan dengan kenyataan yang berbeda dari yang kamu bayangkan sebelumnya. Wajar saja jika kamu merasa sedih dan kecewa. Meski demikian, jangan biarkan kekecewaanmu terus berlarut-larut.

2. Queen, We Are The Champion

Tak ada hamparan bunga mawar. Tak ada pelayaran yang menyenangkan. Kuanggap semuanya sebagai tantangan di hadapan seluruh umat manusia. Dan aku tak akan kalah darinya.

Ujian sering kali datang dalam bentuk yang tak menyenangkan. Sebisa mungkin, jangan menyerah. Yang namanya tantangan, kamu pasti akan mendapatkan reward atau hadiah setelah menaklukkannya.

3. Bobby McFerrin, Don't Worry be Happy

Dalam hidup ini, kita punya beberapa masalah. Tapi saat kau mengkhawatirkannya, kau justru menggandakan masalah tersebut.

Apakah kamu iri melihat orang yang selalu tersenyum bahagia? Bukan berarti mereka nggak punya masalah. Setiap orang pasti punya problemnya sendiri-sendiri. Tapi mungkin, mereka memilih untuk tak pusing memikirkannya dan menikmati hidup. Terlalu mengkhawatirkan masalah memang bisa membuatmu pusing dan justru menambah masalah lain. Alangkah lebih baik jika kamu mencoba mencari sisi positif darinya. Dengan demikian, kamu akan punya tenaga baru untuk mengatasinya. Ingat, masalah bukan untuk dikhawatirkan, melainkan diselesaikan.

4. Katy Perry, Firework

Tahukah kalau masih ada kesempatan untukmu? Karena masih ada percikan api di dalammu. Kau hanya perlu menyalakannya, dan membiarkannya bersinar.

Duniamu tak akan berakhir begitu saja ketika kamu mengalami kegagalan. Selama nafasmu masih berhembus, akan selalu ada kesempatan untukmu bangkit dan berlari kembali.

5. BTS, Wings

Kau bisa menyebutku bodoh, dan aku akan tersenyum. Aku tak ingin sukses dengan melakukan hal-hal yang tak ingin kulakukan.”

Kamu bisa saja sukses saat melakukan sesuatu yang tidak sesuai dengan passion-mu. Tapi, akankah kamu bahagia karenanya? Bukankah kepuasan yang kamu dapatkan akan lebih besar jika mengejar sesuatu yang benar-benar kamu inginkan?

3 of 3

Kata-kata Penyemangat Hidup dari Novel

ilustrasi senang
ilustrasi senang (Sumber: Unsplash) / Brooke Cagle

1. Sabaa Tahir, An Ember in the Ashes

Ketakutan bisa bermanfaat, Laila. Ia akan membuatmu tetap merasa hidup. Tapi, jangan biarkan ia menguasaimu dan menebarkan keraguan di hatimu. Saat ketakutan mulai mengambil alih, gunakan satu-satunya hal lebih kuat dan tak terkalahkan untuk melawannya: semangatmu. Hatimu.”

Tak ada hal yang diciptakan di dunia ini dengan sia-sia. Begitu pun ketakutan.

2. J.R.R. Tolkien, The Fellowship of the Ring

Semua yang terbuat emas dari emas tak berkilauan. Tak semua yang mengembara itu tersesat. Yang tua tapi kuat tak akan layu, akar yang dalam tak akan terjangkau oleh embun beku. “

Tak usah terlalu pedulikan cemoohan orang lain. Anggap saja sebagai cambuk untuk membuatmu lebih kuat lagi. Kalau pada akhirnya akhirnya kamu berhasil meraih impianmu, mulut mereka akan tertutup sendiri. Kamu justru bisa membuktikan dua hal sekaligus, yakni bahwa anggapan mereka salah, dan bahwa kualitas dirimu lebih baik dari mereka.

3. Alexandre Dumas, The Count of Monte Cristo

Dia yang merasakan duka mendalam akan bisa mengalami kebahagiaan yang tiada tara. Hidup dan berbahagialah anak-anakku tersayang. Jangan lupa, hingga datang saatnya Tuhan berkenan menunjukkan masa depan manusia, semua kearifan kita terangkum dalam dua kata berikut, menunggu dan berharap.’’

Tak ada hal di dunia ini yang diciptakan dengan sia-sia. Termasuk salah satunya, rasa duka yang mungkin sering menghantui dirimu. Duka ada agar kamu bisa merasakan kebahagiaan yang tiada tara. Hingga kebahagiaan itu datang suatu hari nanti, jangan lupa untuk terus mencarinya, lalu menunggu, dan berharap kepada Yang Maha Kuasa.

4. Lewis Carroll, Alice in Wonderland

Aku tak bisa kembali ke hari yang telah lalu. Karena saat itu, aku bukanlah orang yang sama (denganku sekarang).”

5. Maya Angelou, Wouldn’t Take Nothing for My Journey Now

Apa yang harus kau lakukan saat tidak menyukai sesuatu adalah mengubahnya. Kalau kau tak bisa mengubahnya, ubah cara berpikirmu tentangnya. Jangan mengeluh!

Di hidup ini, pasti kamu pernah menemui hal-hal yang nggak kamu sukai. Kalau itu terjadi, cobalah lakukan sesuatu untuk mengubahnya. Tapi kalau usahamu gagal, bukan berarti kamu harus meratapinya.

 

Reporter: Afifah Cinthia Pasha

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by