Sederet Nama Puteri Indonesia dalam Berbagai Kasus yang Jadi Buah Bibir

Oleh Komarudin pada 15 Jan 2019, 12:45 WIB
Ilustrasi prostitusi

Liputan6.com, Jakarta – Kasus prostitusi online kembali terjadi hingga ramai jadi perbincangan khalayak. Apalagi, kasus tersebut menyerempet dua nama finalis Puteri Indonesia, berinisial FG dan ML.

Ramainya perbincangan kasus prostitusi online di masyarakat, Yayasan Puteri Indonesia (YPI) pun tak tinggal diam dan mengklarifikasi mengenai status yang disandang keduanya.

Ketua Bidang Komunikasi YPI, Mega Angkasa menyebutkan bahwa FG telah dipecat pada 2018 lalu karena melanggar kontrak finalis PI, yaitu mengikuti ajang internasional tanpa mendapatkan izin dari YPI, dan tidak diperkenankan menggunakan atribut finalis Puteri Indonesia untuk kepentingan apapun.

Sementara untuk finalis Puteri Indonesia ML yang juga diduga terlibat kasus prostitusi online, YPI menyatakan bahwa saat ini statusnya sudah habis kontrak. Maka itu, segala pemberitaan terkait dengan dirinya, tidak ada urusan lagi dengan Yayasan Puteri Indonesia.

Sebelum skandal tersebut menjadi sorotan, sejumlah finalis Puteri Indonesia juga sempat jadi buah bibir karena berbagai kasus, mulai dari persoalan bahasa hingga korupsi. Siapa saja mereka?

2 of 7

Anindya Kusuma Puteri

[Bintang] Anindya Kusuma Putri
Ia mengungkapkan kegembiraannya pada para finalis Puteri Indonesia 2016. Ia mengatakan finalisnnya cantik-cantik dan tinggi-tinggi. (Nurwahyunan/Bintang.com)

Puteri Indonesia 2015 ini ramai menjadi sasaran kritik warganet usai mengunggah foto mengenakan kaus bergambar palu arit dan topi caping dan menuliskan, "I am so Vietnam today" saat liburan ke Vietnam. Anin, sapaan akrabnya mengakui bila baju tersebut didapat saat mengikuti kegiatan organisasi Presiden AIESEC Local Committe sebagai delegasi Indonesia. Ketika itu, ada sesi tukar kaus berlambang kenegaraan, salah satunya dari Vietnam.

"Aku mau klarifikasi fotoku menggunakan baju palu arit pada 2013. Sebelumnya aku ikut organisasi president AIESEC Local Committee, selama kegiatan itu aku sering bertukar t-shirt dengan 130 negara lainnya. Aku berikan kaus lambang garuda, mereka kasih masing-masing lambang negara," kata Anindya Kusuma Putri di Graha Mustika Ratu, Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Selasa, 24 Februaari 2015.

3 of 7

Elvira Devinamira

Elvira Devinamira
Elvira Devinamira (Ferry Noviandi/Liputan6.com)

Puteri Indonesia 2014 ini juga sempat ramai bicarakan ketika fotonya beredar bersama seorang lelaki yang diduga mantan Ketua KPK Abraham Samad. Namun, foto tersebut diketahui adalah rekayasa.

4 of 7

Qory Sandioriva

Qory Sandioriva
Seorang model yang memenangkan ajang bergengsi Puteri Indonesia tahun 2009.

Puteri Indonesia 2009 ini juga sempat menjadi perbincangan. Ia sempat dikabarkan kabur dari rumah. Hal itu yang membuatnya dicari-cari ibundanya, Fariyawati. Ia disebut dihopnotis, tapi Qory kemudian membantahnya.

5 of 7

Nadine Chandrawinata

Nadine Chandrawinata
Nadine Chandrawinata tak bisa hidup sendiri (Instagram/nadinelist)

Puteri Indonesia 2005 sempat ramai jadi bahan pergunjingan saat menyebut Indonesia sebagai 'city' atau kota, bukan negara. Ia dianggap tak cerdas dan memalukan Indonesia. Belakangan, tak sedikit orang yang mengagumi Nadine karena kecintaan dan kepeduliannya pada alam Indonesia.

6 of 7

Artika Sari Devi

[Bintang] Artika Sari Devi
"Bahasanya pun bahasa kromo inggil, bahasa halus. Karena saya ingat banget dulu, ibu saya sebelum eyang saya meninggal titipkan pesan anak-anaknya semua harus bisa berbahasa Jawa walaupun tidak fasih ya," tuturnya. (Nurwahyunan/Bintang.com)

Nama Artika Sari Devi juga jadi buah bibir karena memilih baju renang two-piece dalam penampilannya di ajang Miss Universe. Penampilan Puteri Indonesia 2004 itu menuai kontroversi.

7 of 7

Angelina Sondakh

[Bintang] Angelina Sondakh
Puteri Indonesia 2001 yang menjadi politisi, Angelina Sondakh mengenal Islam sejak kenal mendiang suaminya, Adjie Massaid. Tahun 2008 ia resmi memutuskan menjadi mualaf. Butuh proses panjang sebelum akhirnya sekarang tampil berhijab. (dok. Liputan6)

Dari sejumlah nama Puteri Indonesia, nama Angelina Sondakh termasuk yang paling santer, mulai soal model, terjun ke dunia politik, pernikahan hingga suami meninggal dunia, serta terlibat kasus korupsi hingga dipenjara. Gelar Puteri Indonesia yang disandangnya langsung dicopot Yayasan Putri Indonesia karena kasus tersebut. Namun, mantan Puteri Indonesia 2001 terus memperbaiki diri dan berhijab hingga disebut hapal 15 juz Alquran.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓