Dedikasi Penuh Cinta Para Desainer Indonesia untuk Robby Tumewu Sebelum Meninggal

Oleh Asnida Riani pada 14 Jan 2019, 11:15 WIB
Robby Tumewu

Liputan6.com, Jakarta - Sebelum terjun di dunia seni peran, nama Robby Tumewu lebih dikenal di dunia rancang mode. Sejumlah koleksi menginspirasi dengan sentuhan warna-warna berkarakter sempat ditelurkan lelaki kelahiran Bandung, Jawa Barat, itu.

Aktif sebagai desainer di era 80-an, Robby sempat mendapat persembahan koleksi dari beberapa perancang tergabung Ikatan Perancang Mode Indonesia (IPMI) di Jakarta Fashion Week 2012 pada 13 November 2011 lalu, dengan tajuk "Color Me Life".

Dilansir dari Vemale, Senin (14/1/2019), kala itu, sebanyak 10 desainer menampilkan satu warna dalam enam karya mereka. Itu merupakan interpretasi para desainer terhadap makna warna tersebut dalam hidup mereka.

"Show tahun ini kami dedikasikan untuk Robby Tumewu. Robby adalah salah seorang penggerak mode Indonesia, sekaligus anggota senior IPMI. Kami menghargai itu, kami merasa karya dan kepribadian Robby yang sangat berwarna telah memberi kesegaran tersendiri bagi perkembangan mode," kata Era Soekamto, PR Coordinator IPMI saat jumpa pers di Canteen Pacific Place Mall Jakarta, 2 November 2011 lalu. 

Rancangan Tri Handoko dengan busana dazzling white, dilengkapi sepatu silver, dan kacamata sebagai aksesori membuka fashion show tersebut. Disusul desain Liliana Lim dengan tema merah yang menawarkan dress berpadu aksesori emas dan sepatu red-gold.

Headpiece bernuansa tribal ala Indian jadi sentuhan yang diberikan Ghea Panggabean dengan busana etnik oranye. Sedangkan Tuty Cholid mengusung tema ala Timur Tengah berwarna kuning dengan kerudung dan crown sebagai aksesori.

Era Soekamto memilih warna hijau yang diperlihatkan melalui dress bersiluet klasik dan aksesori rambut. Turqoise festive frock ala mendiang Adesagi Kierana juga memesona berpadu belt bernuansa hitam dan putih.

Sementara, biru kasual ditonjolkan Yongki Budisutisna lewat ikat kepala dan rambut yang unik. Carmanita menggunakan palet warna ungu beraksen layering dan padanan kalung ragam warna, Kanaya Tabitha menghadirkan gold yang feminin dan edgy, plus Barli Asmara yang menumpahkan kreativitasnya dalam warna hitam berdominasi lace pattern.

Saat itu, Robby Tumewu hadir di deretan penonton dan sempat terlihat menangis haru melihat tribute yang diperuntukan baginya. Robby sendiri dikenal lewat rancangan busana yang terkesan edgy dan funky dengan suasana colorful.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini: