6 Fakta Menarik Jeff Bezos, Mengantar Anak Sekolah dan Main Film

Oleh Henry pada 10 Jan 2019, 12:45 WIB
Jeff Bezos

Liputan6.com, Jakarta - Nama Jeffrey Preston Bezos atau lebih dikenal dengan Jeff Bezos sedang jadi bahan pembicaraan. Bukan karena kekayaannya yang memang terus meningkat, tapi karena perceraian dengan sang istri, MacKenzie.

Pasangan yang sudah menikah selama 25 tahun ini mendadak mengumumkan perceraian melalui akun Twitter Bezos pada Rabu, 9 Januari 2019, waktu Amerika Serikat. Keduanya berpisah setelah memiliki empat orang anak.

Jeff sendiri pada 2018, ditetapkan Forbes sebagai orang terkaya di dunia, menggeser Founder Microsoft Bill Gates dengan kekayaan sebesar 112 miliar dolar AS atau sekitar Rp 1.512 triliun.

Angka itu terus bergerak seiring kemajuan Amazon yang didirikan Jeff pada 1994. Tak hanya Amazon, kekayaan Bezos juga diraih dari Blue Origin LLC dan The Washington Post. Blue Origin adalah perusahaan yang bergerak di bidang penerbangan sipil angkasa luar. Cita-cita Bezos, ingin menerbangkan sebanyak mungkin orang ke luar angkasa.

Sedangkan sebagai pengusaha media sekaligus pakar komputer, hal pertama yang dilakukannya saat membeli The Washington Post adalah mempercepat loading situs online media populer di Negeri Paman Sam itu.

Ingin lebih mengenal pria kelahiran Albuquerque, New Mexico ini? Dilansir Forbes dan Study Breaks, Kamis (10/1/2019), berikut enam fakta menarik tentang sosok Jeff Bezos, salah satu orang terkaya di dunia.

Kekayaan terus meningkat

Pada pertengahan 2018, saham Amazon terus menanjak dengan valuasi sampai 127 miliar dolar AS. Kini, tidak bisa sepenuhnya tepat menghitung angka pasti kekayaan Bezos. Namun, sebagai gambaran, seperti dirilis Bloomberg Billionaire Index, harta Bezos sepanjang 2018 berada pada angka 129 miliar dolar AS.

Setiap satu menit, harta mantan suami MacKenzie Bezos ini naik sebesar 230 ribu dolar AS atau sekitar Rp 3,2 miliar. Angka kekayaan per menit Bezos tersebut setara dengan empat kali lipat rata-rata pendapatan penduduk Amerika Serikat per tahun.

Sedangkan kekayaan Bezos versi Forbes sebesar 112 miliar dolar AS sama nilainya dengan setengah dari APBN negara kita, Indonesia, dan diperkirakan akan semakin meningkat di awal 2019.

Dewa E-Commerce

Memulai kiprahnya di Wall Street, Jeff Bezos pernah membangun jaringan komputer di sebuah gedung yang menjadi pusat perdagangan internasional oleh perusahaan bernama Fitel. Lalu, Bezos bekerja untuk perusahaan manajemen investasi global D.E. Shaw & Co.

Ia mundur di puncak karier sebagai Vice President pada 1994 dan selanjutnya mendirikan Amazon.com, sebuah media e-commerce yang waktu itu fokus pada penjualan buku secara online.

Kini, setelah 24 tahun berlalu, Amazon sudah merambah ke berbagai produk. Bahkan, dengan pengiriman barang via drone. Amazon tampil sebagai dewa e-commerce yang melambungkan nama Jeff Bezos ke puncak tertinggi dunia.

2 of 3

Fakta-Fakta Jeff Bezos

5 Fakta yang Perlu Diketahui Tentang CEO Amazon Jeff Bezos
Jeff Bezos, pendiri dan CEO Amazon. (Foto: Forbes.com)

Terus Inovasi

Kunci utama Jeff Bezoz meraih sukses adalah visi dan semangat yang besar, serta fokus dan haus inovasi. Sejak kecil, Bezos terlatih untuk memiliki visi dan semangat besar. Dalam hal apa pun, dia selalu ingin menjadi yang terdepan. Teman-teman sekolahnya dulu hanya berani mengincar posisi nomor dua karena Bezos selalu bersemangat merebut tempat terbaik.

Jadi, jangan heran jika Bezos kini jadi yang terdepan di antara pebisnis teknologi seperti Bill Gates (Microsoft), Mark Zuckerberg (Facebook), Larry Ellison (Oracle), Larry Page (Google), dan Sergey Brin (Google), 

Tak Suka Multitasking

Jeff Bezos dikenal sebagai pribadi yang fokus saat sedang melakukan sesuatu. Ia tidak suka multitasking. Jika sedang membaca e-mail, Jeff akan memusatkan perhatian dan energi membaca e-mail saja.

Begitu juga saat sedang mengerjakan sebuah proyek, ia hanya akan fokus pada satu proyek itu dulu sampai selesai. Dia tak pernah berusaha, apalagi bermimpi menjadi multitasking. Ketika memutuskan pada satu bidang, dia akan fokus di situ.

3 of 3

Fakta-Fakta Jeff Bezos

Keluarga Jeff Bezos (Time.com)
Keluarga Jeff Bezos (Time.com)

Dekat dengan Keluarga

Meski termasuk orang terkaya sejagat, Jeff Bezos yang tak pernah mengagendakan pekerjaan di pagi hari demi menjaga kualitas hubungan keluarga. Misal, dengan mengantar anak-anaknya ke sekolah. Dia juga selalu ingin menikmati kehangatan sarapan bersama MacKenzie dan menyisihkan waktu untuk berlibur bersama keluarga.

Pernah Main Film

Tak hanya mengurus perusahaan, Jeff Bezos tenyata pernah main film layar lebar. Pada 2016, ia pernah tampil sekilas dalam film Star Trek Beyond sebagai anggota kru Starfleet. Film garapan sutradara AS kelahiran Taiwan, Justin Lin, ini juga dibintangi aktor Indonesia, Joe Taslim.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓