Ketahui 4 Kesalahan Memasak Nasi, Apa Saja?

Oleh Putu Elmira pada 10 Jan 2019, 05:00 WIB
Diperbarui 25 Sep 2019, 18:16 WIB
Ketahui 4 Kesalahan Memasak Nasi, Apa Saja?

Liputan6.com, Jakarta - Kegiatan memasak nasi merupakan hal yang sangat mudah, ditambah proses memasak kian efisien dengan menggunakan rice cooker. Kendati demikian, padi memiliki jenis yang berbeda-beda, dan memasak nasi tak selalu dapat memberi hasil memuaskan.

Setiap orang mempunyai kesukaan tekstur nasi yang berbeda, mulai dari pulen hingga lembut. Namun, ada banyak orang pula yang memasak nasi dan melakukan banyak kesalahan. Apa saja kesalahan tersebut? Simak rangkuman lengkap berikut.

1. Memukul Rata Cara Memasak Nasi

Hal yang wajib diperhatikan adalah adanya beragam jenis beras, ada yang suka air dan ada yang tidak, saat beras dimasak. Jika beras tidak suka dimasak dengan banyak air, cenderung lembek setelah matang.

Hal ini membuat tekstur cenderung hancur seperti bubur. Jika demikian, kurangi air saat memasak. Ada baiknya untuk sering bereksperimen dan lebih mengenal karakter beras.

2. Tergesa-gesa

Tidak jarang orang tergesa-gesa saat menanak nasi yakni tepat setelah lampu warmer menyala. Kemudian membuka rice cooker dan menciduk nasi. Padahal ketika itu, nasi belum begitu set. Proses ini masih memerlukan sekita 10 menit untuk mendapatkan tekstur nasi yang sempurna.

3. Tidak Menambah Garam

Nasi matang memang enak dimakan begitu saja, namun akan terasa lebiih gurih ketika diberi sejumput garam saat memasak. Dapat pula menambahkan mentega atau margarin sebagai pengganti garam.

4. Memasak dengan Air Panas

Jika ingin memasak nasi yang pulen dan lembut, beras bisa dimasak dengan air panas atau mendidih. Cuci beras dan tempatkan di rice cooker, tuang air panas secukupnya, lalu masak hingga matang. Tak hanya mempercepat proses memasak tetapi juga mendapatkan nasi pulen dan lembut. (Febi Anindya Kirana/Fimela.com)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Live Streaming

Powered by