Sukses

7 Arti Nama Bayi dari Ide yang Tidak Terduga, Uniknya Bikin Kamu Penasaran

Para orangtua percaya jika nama adalah sebuah doa atau harapan yang ditujukan untuk buah hatinya.

Liputan6.com, Jakarta Setelah menikah, kebanyakan pasangan mendambakan seorang buah hati untuk melengkapi kehidupan berumah tangga mereka. Ditambah, tidak sedikit orangtua dari pasangan yang ingin menimang cucu yang sudah lama mereka tunggu-tunggu.

Hadirnya buah hati disebut sebagai anugerah karena dapat melengkapi kebahagiaan dalam bahtera rumah tangga. Sebaliknya, terkadang ada juga pasangan yang tidak menginginkan turunan. Pasalnya, mereka biasanya menganggap bahwa mereka sudah cukup bahagia hidup berdua.

Setiap orangtua menginginkan nama terbaik untuk anak-anaknya. Para orangtua percaya jika nama adalah sebuah doa atau harapan yang ditujukan untuk buah hatinya. Dengan demikian, banyak orangtua, terutama pasangan muda yang brainstorming mencari inspirasi nama untuk bayi mereka dengan harapan kelak nama tersebut akan menuntun buah hati mereka sesuai dengan namanya.

Arti nama bayi biasanya tidak jauh dari harapan sifat manusia. Namun, tidak jarang terdapat orangtua yang menamai bayinya secara asal dan bahkan tidak memiliki arti sama sekali. Biasanya, mereka tidak memiliki waktu untuk mencari inspirasi nama bayi sehingga mereka memilih nama secara acak, saat tidak sengaja melihat merk sepatu misalnya.

Dirangkum dari berbagai sumber, Liputan6.com menyajikan 7 arti nama bayi yang tidak terduga asalnya, Rabu (9/01/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Nama Unik Anak Seleb

1. North West

Nama bayi perempuan dari pasangan selebriti Kanye West dan Kim Kardashian ini memang cukup membuat mengerutkan dahi. Bagaimana tidak? North West adalah nama arah mata angin yang dalam bahasa Indonesia diartikan dengan Utara Barat.

Namun, di balik namanya yang mengadaptasi arah mata angin ini, arti nama bayi pasangan yang menikah pada 24 Mei 2014 lalu ini ternyata bermakna sangat menyentuh hati. Dilansir dari E! News, Selasa (25/6/2013) seorang sumber mengatakan bahwa: "North adalah yang paling tinggi. Matahari terbit di timur dan tenggelam di barat (West). Jadi, North West artinya memiliki kekuatan yang benar-benar besar".

2. Xabiru

Siapa sih yang nggak kenal dengan bayi menggemaskan yang penuh tawa satu ini? Xabiru adalah nama buah hati Rachel Vennya dan Niko yang lahir pada bulan Desember tahun 2018 lalu. Arti nama Xabiru berasal dari ‘Xabi’ yaitu pemain sepak bola legenda Liverpool yang menjadi idola sang ayah, Niko. Dan ‘Biru’ sendiri memiliki arti nama warna yang lekat dengan warna langit dan laut.

Buna, atau sapaan akrab sang bunda, Rachel Vennya mengungkapkan bahwa nama Biru juga melambangkan kepercayaan, kesetiaan, kebijaksanaan, percaya diri, kecerdasan, iman, kebenaran dan juga surga. Ternyata arti nama bayi imut ini sangat bersahaja, ya!

3 dari 4 halaman

Nama Anak Unik dan Artinya yang Tak Diduga

3. Abu Iwon Emi Egi

Kali ini, arti nama bayi yang tidak terduga datang dari pasangan non-selebriti. Orang tua Abu Iwon Emi Egi yang tidak mau disebutkan namanya ini berujar bahwa nama bayi mereka datang dari nama-nama hari.

Masih tidak paham? ‘Abu’ berarti hari Rabu. ‘Iwon’ berarti Kliwon yang merupakan nama hari Jawa. ‘Emi’ diambil dari kata kemis atau Kamis. Dan ‘Egi’ adalah Legi. Ternyata Abu Iwon Emi Egi ini lahir pada hari Rabu Kliwon, tepatnya malam Kamis Legi. Wah panjang juga namanya.

4. Brfxxccxxmnpcccclllmmnprxvclmnckssqlbb11116

Sepasang suami istri di Swedia sengaja memberi nama anaknya seperti itu sebagai bentuk protes terhadap aturan nama yang ketat di negara tersebut. Kalau di Indonesia, sepertinya akan sulit untuk memanggil nama ini saat presensi di kelas.

4 dari 4 halaman

Inspirasi dari Hal Tak Diduga

5. DaeHan, MinGuk, ManSe

Bagi kalian para penggemar K-Pop pasti sudah tidak asing lagi dengan tiga nama ini. Ya, mereka adalah putra aktor Korea yang cukup terkenal yaitu Song Ilkook. Bagi kalian yang belum tahu, Daehan, Minguk, dan Manse adalah tiga anak kembar yang menggemaskan serta terkenal sangat pintar. Dalam acara TV Korea “The Return Of Superman”, Song Ilkook diberi tugas untuk merawat ketiga anak kembarnya selama dua hari setiap minggu.

Nah, tahukah kalian apa arti nama bayi kembar tiga yang lucu ini? Daehan berarti Republik, Minguk berarti Korea Selatan, sedangkan Manse adalah sebuah seruan seperti “Hore!!”. Jadi, apabila ketiga nama mereka dirangkai, artinya menjadi “Republik Korea Selatan, Hore!!”. Sungguh kreatif dan nasionalis kedua orang tua Daehan Minguk Manse dalam memberikan nama.

6. Google

Seorang bayi laki-laki yang lahir pada 12 September 2005 diberi nama Google, mirip dengan nama perusahaan teknologi terkemuka di dunia. Nama lengkap anak lelaki tersebut adalah Oliver Christian Google Kai. Nama ini kemudian menyita perhatian warganet di Eropa dan Amerika Serikat.

Rupanya ayah Google Kai, Walid Elias Kai, bekerja di Google sebagai marketing mesin pencari tersebut. Tidak hanya bekerja di sana, Elias Kai juga mengagumi layanan Google yang begitu luas. Kepada jurnalis, Google Kai menyebut dirinya sebenarnya agak malu dengan namanya. Pasalnya, dia dinamai seperti sebuah perusahaan yang sangat kuat di dunia.

7. Like

Pada tahun 2011, pasangan Israel memberi nama anaknya Like. Inspirasi nama ini datang dari Facebook, begitu kata ayah sang anak, Vardit Adler. Vardit Adler mengatakan jika nama Like memiliki makna "Memberikan perasaan yang baik kepada orang lain,".

Menurut dia, pelafalan nama Like terdengar bagus baik dalam bahasa Hebrew maupun Inggris. "Awalnya orang-orang terkejut. Namun, setelah mengenal Like dan keluarga kami, mereka menerima nama tersebut," tutur Adler yang bekerja sebagai engineer algoritma.

Itulah 7 arti nama bayi yang tidak terduga asalnya. Adakah calon orang tua yang memiliki ide cemerlang lain?

 

Reporter: Yunisda Dwi Saputri

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.