5 Cara Membersihkan Parutan Besi dari Sisa Makanan

Oleh Komarudin pada 09 Jan 2019, 07:30 WIB
Diperbarui 09 Jan 2019, 07:30 WIB
Parutan
Perbesar
Parutan besi. (dok.Instagram @gudangajaib/https://www.instagram.com/p/BjWi3rmgvXB/Henry

Liputan6.com, Jakarta - Kalau Anda suka memasak di rumah, kemungkinan Anda memiliki parutan besi yang biasa digunakan untuk memarut makanan. Biasanya parutan ini digunakan untuk mamarut keju, wortel dan lain sebagainya.

Namun terkadang, orang bingung bagaimana caranya membersihkan parutan besi karena terkadang masih ada sisa makanan yang menempel meski sudah dicuci dan digosok dengan spons cuci piring. Kalau dibersihkan langsung dengan tangan kita biasanya khawatir akan melukai jari tangan.

Lalu bagaimana caranya? Tak perlu khawatir, ada cara sederhana untuk membersihkan parutan besi sampai tak tersisa makanan di alat masak ini.

Sikat gigi

Ini adalah cara paling umum sekaligus efektif, teurtama untuk parutan kelapa yang tajam karena tidak akan melukai jari tangan. Namun cara ini membutuhkan kesabaran. Beberapa sisa makanan yang ada di sela-sela parutan kemungkinan tidak begitu mudah disikat. Anda harus mengulangi penyikatan beberapa kali.

Roti kering

Ambil roti kering seperti bagelan atau baguette dan parutkan pada parutan. Roti kering ternyata bisa digunakan untuk membersihkan sisa-sisa kotoran pada parutan besi.

Kentang kupas

Setelah memarut keju, sering ada sisa keju yang menempel. Hilangkan dengan kentang kupas yang diparutkan pada parutan besi. Cara ini cukup ampuh menghilangkan lemak keju yang menempel.

Plastik

Kalau masih suka memarut kelapa secara manual, agar tidak kesulitan membersihkan sisa kelapa yang tersangkut di sela-sela parutan, lapisi parutan dengan plastik. Memang jadi agak licin, tapi setidaknya bisa mencegah kelapa tersangkut di parutan.

Singkong

Jangan buang parutan besi yang lama tidak dipakai dan mulai karatan. Bersihkan dengan singkong. Cukup parut singkong pada parutan untuk mengembalikan kilap parutan. Parut singkong dan diamkan selama kurang lebih satu jam.

Setelah itu cuci dan olesi dengan minyak goreng. Diamkan lagi beberapa saat dan cuci lagi parutan besi sampai bersih. (Feby Anindya Kirana/Fimela.com)

Saksikan video pilihan di bawah ini: